PDA

View Full Version : Rayap ??!!



Arief_Chen
28 March 2010, 16:28
Pernah dengar? Tentu saja.
Apakah ada warga sini yang menghadapi-nya? Rumah tua biasa-nya menggunakan kayu sebagai bahan bangunan-nya, dan sudah pasti untuk di wilayah jakarta bahwa 80% rumah di jakarta yang tua akan ada rayap.
Sebenar-nya bagaimana sih menyikapi-nya? Bagaimana mengusir-nya dan membasmi-nya? Kalau sudah ketahuan memakan tiang penyangga atau atap, langkah2 apa yang harus dilakukan?
Post Menggunakan Mobile Phone
[Only registered and activated users can see links]

pisang_lempeng
29 March 2010, 10:34
biasanya ada jasa untuk membasmi rayap, seperti perusahaan terminix, kantornya di bogor.

kalo mo kerjain sendiri, om arief bisa ke toko bangunan dan bilang aja lentrek (obat basmi hama) sebotol kalo ngak salah sekitar 150 ribu, campurannya boleh dengan air atau solar. kalo tiang penyanggah di luar rumah sebaiknya pake solar, kalo dalam rumah pakai air saja.

campurannya kalo ngak salah 1 botol lentrek : 50 liter air.

kalo untuk pada rangka atap, kalo mau kerjain sendiri..... beli lentrek 1 botol campur air 20 liter, terus beli semprotan (semprot buat baygon atau semprot buat tanaman hias) naek ke dalam plafon, jangan lupa pake penutup hidung. semprotin deh tuh semua rangka atap.

rayap tidak akan datang dalam kurun 1,5 tahun sampai 2 tahun, tergantung perbandingan campurannya, kalo lebih keras yah lebih lama om.

ini ogut tau waktu masih usaha kayu, sebenarnya banyak cara untuk rayap tapi kalo buat pakai ke rumah ini aja deh.

emang buat rumah om?

etca
29 March 2010, 11:03
rayap bukanna takut sama minyak tanah ya?
tp atiati jangan sampe kebakar rumanhna ;D
Post Menggunakan Mobile Phone
[Only registered and activated users can see links]

pisang_lempeng
29 March 2010, 11:22
rayap bukanna takut sama minyak tanah ya?
tp atiati jangan sampe kebakar rumanhna ;D

Post Menggunakan Mobile Phone
[Only registered and activated users can see links]


yupe 100 buat tante etca :bravo:

minyak tanah bisa di gunakan untuk membasmi rayap termasuk oli bekas. dan minyak tanah mo lebih mantap bisa di campur dengan lentrek.

tetapi kalo di gunakan dalam ruangan minyak tanah minumbulkan bau yang tidak enak. :)

arctica
29 March 2010, 17:34
lentrek itu apa om?

Hdr Karlianto
29 March 2010, 17:59
lentrek itu emang buat basmi rayap kan

Arief_Chen
29 March 2010, 18:13
Hm... itu kan untuk kondisi yg belum dimakan, kalau sudah dimakan rayap punya gimana ya ?

pisang_lempeng
29 March 2010, 19:11
lentrek itu apa om?


lentrek itu emang buat basmi rayap kan

iya, bener om karli, lentrek itu obat basmi rayap, buat basmi playboy cap kupu-kupu terbang juga bisa. tinggal campurin aja 10 ml ke dalam kopi dan kasih tuh ke playboy cap kupu-kupu terbang :hehe:


Hm... itu kan untuk kondisi yg belum dimakan, kalau sudah dimakan rayap punya gimana ya ?

tergantung om, kayu yang sudah di makan rayap udeh keropos abis belom> kalo udah keropos abis jalan satu satunya ganti kayu, kalo cuman di makan tetapi belom keropos, kekuatan kayu itu masih ada.... di pakein aja biar ngak di makan lagi :)

Arief_Chen
29 March 2010, 19:42
Wuih... Begitu toh, musti buka-nya itu lho yang puyeng, platform hancur. Belum lagi ogut alergi debu, kalau dibuka bisa2 gatal2 dan bersin2 selama 1 minggu
Post Menggunakan Mobile Phone
[Only registered and activated users can see links]

pisang_lempeng
29 March 2010, 19:47
biasanya rumah ada tempat khusus buka platform buat masuk kedalam, jadi ngak usah congkel platform :)

sama om, ogut juga alergi tuh ama debu, gatal banget idung kalo kena debu.

Arief_Chen
29 March 2010, 20:59
iya nih rumah sudah 5 tahun di-tinggal, jadi-nya ya dulu sudah pernah semprot anti rayap, tapi dari rumah sebelah datang lagi :sigh: cape deh ...

pisang_lempeng
29 March 2010, 21:14
oh buat rumah om arief....

ogut ada obat bisa untuk rayap, 10 ml campurannya 1 liter air dulu ogut pake buat usaha kayu. kalo ngak salah di rumah emak masih ada deh, kalo om arief mau, ogut nanti suruh sopir anter ke kantor tempat kerja om arief, mau? kalo mau pm aje om alamat kantornya terus att ke siapa.

daripada beli om, 150 ribu khan sayang, enakan kasih goban suruh office boy atau yang lain yang semprot keatas platform, jadi om kaga usah naek keatas, gimana? kalo mau, ogut tanya emak dulu simpen obat rayapnya di mana, itu import loh om dari taiwan.

Arief_Chen
29 March 2010, 22:08
Waduh .... jadi enak donk hehehe ... jangan ah .. bukannya nolak kebaikan om, tapi beberapa tempat yang ke-makan rayap sudah agak lapuk, seperti atap di lantai 2, kalau hujan gede mulai nete sedikit demi sedikit. Itu karena atap-nya agak turun karena penyangga-nya di-makan rayap.

Ada beberapa tempat lagi, rencana sih mau kumpulin duit dulu nanti biar sekalian renov rumah atau ganti rangka dengan baja ringan.

pisang_lempeng
29 March 2010, 23:59
mantap.... baja ringan, kalo ngak salah permeter kena berapa yah :mikir: 180 ribu yah... lupa.

memang kalo untuk biar ngak ruwet dengan masalah kumbang dan rayap memang lebih baik dengan baja ringan.

tapi kalo nanti om mau buat sementara dulu dan mau pake obat rayap, pm aje yah nanti ogut kirim (bukan ogut yang nganterin ke kantor om, khan masih di purwokerto :p)

lagedazzy
30 March 2010, 11:21
Dulu di rumah daze juga ada rayap, terus diganti semua kayunya.

btw, bener kata oom pipis, biasanya di rumah ada plafon yang bisa digeser buat naik, biasanya di kamar mandi setau daze. :D

Arief_Chen
30 March 2010, 12:15
sayang-nya sih di rumah ogut gak ada nih... musti bongkar, kalau sudah bongkar berarti musti nge-cat lagi .... :sigh:

pisang_lempeng
30 March 2010, 12:57
Dulu di rumah daze juga ada rayap, terus diganti semua kayunya.

btw, bener kata oom pipis, biasanya di rumah ada plafon yang bisa digeser buat naik, biasanya di kamar mandi setau daze. :D

ho'oh tante daze, ogut juga bukaan plafonnya di kamar mandi :D

mungkin rumah om arief buka plafonnya dari rumah sebelah kali :p

Arief_Chen
30 March 2010, 17:20
wakakkaa .... sekalian cari waktu tetangga suami-nya lagi pergi kerja ? :kakaka:

Hdr Karlianto
30 March 2010, 17:25
buka genteng aja om turun dari sana :haha:

Arief_Chen
30 March 2010, 18:01
lah sih om karli buka genteng hahahha, naik ke genteng ? lebih bahaya lagi, gak tahu penyangga-nya kuat atau gak, nanti malah ambrolllll

Hdr Karlianto
30 March 2010, 18:19
klo gitu gergaji plafon :haha:

Arief_Chen
31 March 2010, 00:09
Hehehe ... ya itu nama-nya bongkar platfom om hehhee ... kerjaan-nya banyak dan berantakan :kakaka: tinggal males-nya sama nge-cat-nya

Hdr Karlianto
31 March 2010, 11:45
bongkarnya dikit aja jgn banyak2 asal cukup lewat aja ;D
Post Menggunakan Mobile Phone
[Only registered and activated users can see links]

Arief_Chen
31 March 2010, 12:02
Mana bisa om hehehe ... di atas-nya gak bisa buat jalan, nanti mau nge-cat / semprot obat-nya gimana ? :kakaka:

lagedazzy
31 March 2010, 12:26
ati2 tuh Oom Chen chen, kalau kayu kuda2 atap rumah uda rapuh, takutnya rubuh.
Kan berbahaya ;D Belum kalau sampai rubuh, abis itu perabotan rumah pada ikutan hancur...
lebih baik di cari solusi secepatnya :D

Arief_Chen
31 March 2010, 18:31
Justru ini non, maka-nya agak was2 nih ....

nila_bindu
03 April 2010, 17:52
sebelom naek pelafon.. keluarin ilmu gingkang dulu... semi melayang... jadi gravitasinya terhitung 1/2 saja kekekek

H2O
05 April 2010, 10:48
Hahaha ... Tante nila paling bisa deh .... Om Arief kan gak punya ilmu gingkang kayak pahlawan2-nya Kho Ping Ho :haha:

Arief_Chen
05 April 2010, 13:17
halah .. ilmu gingkang, hehehe ... kalau ambrol saja, bisa beratapkan langit nih tidur-nya :kakaka:

Presario
05 April 2010, 13:49
untuk membunuh rayap bisa pake baygon dan sejenisnya loh :)

setelah itu di ganti saja, takutnya masih tersisa telurnya didalam kayu.

Arief_Chen
05 April 2010, 14:44
Bisa pakai baygon, tapi ........ lama-lama kebal tuh ....

mr.funky
26 April 2010, 14:55
berarti sebaiknya saat beli kayu baru untuk replacement pun mending tuh kayu direndam baygon/air+lentrek/minyak tanah dulu donk ya?? wah wah,ga bole kena api sedikitpun nih.. salahs alah,rumahnya jadi gubuk

meea
20 September 2010, 16:21
rayap menyerbu rumah kita kalau kayu-kayu yg kita pake masih 'basah' alias masih mengandung zat yg disukai rayap (selulosa). kalau kata org jaman dulu, kayu yang tua/udah mati pasti bagus kualitasnya. tapi hari gini kan susah nungguin kayu bagus begitu. makanya usahakan beli kayu yang sudah dioven. nah masalahnya kadang kita beli rumah jadi, gak tau gmn kualitas kayunya, jadi tau2 udah dirayapin. kalo udah begini pasti mesti diakalin. ada temen yg pake cara alami. jadi taro aja kayu non-oven di halaman. rayap2 lgsg menuju ke situ, mgkn drpd capek2 naik ke atap atau kusen ya :confused:

trs ada juga temen yang pake limbah kina. di bandung kan ada pabriknya tuh. jadi banyak jg org yang dateng minta limbah itu untuk disiramkan ke sekeliling rumanya. selain itu, banyak jg orang pake cara kimia, mulai dr menyuntik kayu, mengoles kayu, dll tergantung merek masing2. semua sama aja, yg penting dipakekan secara berkala, karena obatnya dlm bbrp waktu udah mulai gak ampuh. cmiiw.

meea
20 September 2010, 16:24
berarti sebaiknya saat beli kayu baru untuk replacement pun mending tuh kayu direndam baygon/air+lentrek/minyak tanah dulu donk ya?? wah wah,ga bole kena api sedikitpun nih.. salahs alah,rumahnya jadi gubuk

wah mgkn bisa juga ya karna tergolong insektisida, tapi apa gak bahaya? pake yg aman ajalah. produk tertentu, misalnya ter***x itu juga macem2 dan bisa dipilih. dia juga punya layanan utk proses anti rayapnya.

meea
20 September 2010, 16:25
Bisa pakai baygon, tapi ........ lama-lama kebal tuh ....

iya sama kayak nyamuk, jg lama2 kebal

Arief_Chen
20 September 2010, 16:44
Untuk kayu yang di-oven apakah menjamin rayap tidak akan dimakan? Memang bisa memancing rayap pindah dgn menancapkan kayu non oven di halaman? Bagaimana ya cara pindah-nya?
Post Menggunakan Mobile Phone
[Only registered and activated users can see links]

meea
20 September 2010, 16:54
Untuk kayu yang di-oven apakah menjamin rayap tidak akan dimakan? Memang bisa memancing rayap pindah dgn menancapkan kayu non oven di halaman? Bagaimana ya cara pindah-nya?
Post Menggunakan Mobile Phone
[Only registered and activated users can see links]

ya, dgn catatan kalau prosesnya betul, di-oven berarti mematikan sel-sel kayu. karna banyak jg yg bilang di-oven tp ternyata blm karna harganya beda. kalau ttg mancing rayap, itu pernah dipake sama bbrp arsitek yang mau mengalihkan rayap ke halaman. cuman permasalahannya masa iya kita mau kasih makan si rayap terus2an? drpd repot begitu lebih baik pas mbangun, pastiin kualitas kayu bagus. mksdnya cuma meletakkan kayu biasa aja di halaman, bukan mindahin dr rumah.

Arief_Chen
20 September 2010, 17:44
Jadi cuman taruh kayu biasa di halaman bisa pindahin rayap ? gimana cara-nya ya ?
Rumah aku sih 1 1/2 lantai dan kayu yang diduga terkena serangan rayap adalah platform di lantai 1 dan lantai 2 apakah peletakan kayu tersebut bisa di-dekat lokasi atau cukup di halaman saja ? hehehe .... sorry jadi nanya banyak.

kuas_grafis
20 September 2010, 17:51
wah manteb! :)

ada penjelasan dan bahasa soal rayap yang menjengkelkan

meea
21 September 2010, 20:42
Jadi cuman taruh kayu biasa di halaman bisa pindahin rayap ? gimana cara-nya ya ?
Rumah aku sih 1 1/2 lantai dan kayu yang diduga terkena serangan rayap adalah platform di lantai 1 dan lantai 2 apakah peletakan kayu tersebut bisa di-dekat lokasi atau cukup di halaman saja ? hehehe .... sorry jadi nanya banyak.

saya sih blm praktekin lgsg, cuma dengar dr teman. kalau dia sih letakkan biasa saja di halaman (tp jgn dekat dgn unsur kayu lain, kayak kusen atau furnitur kayu).

Arief_Chen
21 September 2010, 23:44
I see .... hmm... patut dicoba nih ... :)