PDA

View Full Version : asam lambung naik



piezza
29 October 2009, 22:55
sudah seminggu lebih ini sy merasa asam lambung saya tuh naik ke kerongkongan (esofagus). jadi tuh di pangkal kerongkongan berasa ada yg panas dan asam. terutama terjadi di malam hari. kadang2 saya terpaksa tidur setengah bersandar supaya gak makin parah asam lambungnya. kenapa ya? sy baru pertama kali seperti ini.

kl gak salah bahasa kerennya GERD ya? Gasto-esofageal reflux desease

sudah seminggu terakhir ini sih sy coba minum ranitidin sblm tidur. lumayan membantu. tp kl belum minum, ya tetap aja seperti itu.

ada yg pernah mengalami??

Gregory House
30 October 2009, 09:22
wah pake ranitidin ya?
dah ok sih, itu kan penghambat H2 receptor

btw lo makan/minum apa ga sebelum tidur akhir2 ini?

piezza
30 October 2009, 20:52
wah pake ranitidin ya?
dah ok sih, itu kan penghambat H2 receptor

btw lo makan/minum apa ga sebelum tidur akhir2 ini?


kyknya gak ada makan yang aneh2 deh...paling sebelum tidur tuh sy biasa minum susu aja..:)

Gregory House
30 October 2009, 23:25
loh
susu setau gw salah satu pencetus jg deh

etca
02 November 2009, 17:24
loh
susu setau gw salah satu pencetus jg deh

gw dikasi tau kakak kalau susu ga baik dikonsumsi ama kita yang ude dewasa
*sowwy belum bisa kasi data yang valid*,

contohnya gini anak sapi kalau ude gede kan ga nyusu lagi ke emaknya :kakaka:
eh beneran loh ini ...

kabarnya kalau kita ude dewasa ude ga punya enzym yang mencerna susu tersebut.

nti kalau di rumah nemu bukunya,
besok gw posting dah ;)

Gregory House
02 November 2009, 19:26
miracle of enzym?
buat saya sih itu hoax ya

misalnya aja deh ya

karena susu itu benda cair sehingga ketika masuk mulut langsung mengalir ke kerongkongan. Tidak sempat berinteraksi dengan enzim yang diproduksi mulut kita

emang di mulut ada enzim yg memecah lactosa pada susu ya?
hayo coba diinget zaman smp ada ga?hehe

contoh lain?

Tidak ada makhluk di dunia ini yang ketika sudah dewasa masih minum susu -kecuali manusia. Lihatlah sapi, kambing, kerbau, atau apa pun: begitu sudah tidak anak-anak lagi tidak akan minum susu. Mengapa manusia seperti menyalahi perilaku yang alami seperti itu?

saya mau tanya, bisakah prilaku hewan disamakan dengan manusia?
kalau mau dilihat lebih jauh
bayi hewan begitu lahir ga lama bisa berdiri,jalan bahkan lari
gedean dikid bisa cari makan sendiri
bayi manusia?ga bisa kan begitu lahir tau2 berdiri/jalan/lari dan ga bisa kan cari makan sendiri?
ini secara logika menipu

Mnemosyne
03 November 2009, 14:53
asam lambung?
wah temen idup gw tuh
gw suka minum obat apa gt dari dokter bwt nurunin :rolleyes: 1 stripnya sekitar 50rb :rolleyes: obat asam lambung paling bagus .. lupa namanya ...

ah gw inget.. nexium namanya :bravo:

piezza
03 November 2009, 18:50
asam lambung?
wah temen idup gw tuh
gw suka minum obat apa gt dari dokter bwt nurunin :rolleyes: 1 stripnya sekitar 50rb :rolleyes: obat asam lambung paling bagus .. lupa namanya ...

ah gw inget.. nexium namanya :bravo:

nexium ini kalo gak salah esomeprazole...:)

pernah juga dapat nih obat...mahal mmg,,,waktu itu beli 1 kapsul or tablet (lupa), tapi harganya 17rb...ckckckckck....

kl kasusnya gak gitu parah, biasanya gak sampai di kasih tuh obat..

kuas_grafis
04 November 2009, 09:00
loh
susu setau gw salah satu pencetus jg deh

pencetus apa greg?

btw gw ud kira2 2thn belakangan kalo minum susu
baik itu bear brand ato susu2 milo lainnya,
pasti reaksinya langsung BAB.. tp lancar..
reaksi badan gt krn ngebuang racun langsung?
ato emang ada gejala lain kah?

etca
04 November 2009, 14:02
miracle of enzym?
buat saya sih itu hoax ya
no comment



emang di mulut ada enzim yg memecah lactosa pada susu ya?
hayo coba diinget zaman smp ada ga?hehe
a. Enzim ptialin -> dihasilkan oleh kelenjar ludah.
Fungsi : ngubah amilum (zat tepung) jadi glukosa.

b. Enzim amilase -> dihasilkan oleh kelenjar ludah dan kelenjar pankreas.
Fungsi : amilase memecah molekul amilum jadi sakarida dgn molekul yg lebih simpel, yaitu maltosa.

masalahnya tidak ngebahas laktosanya..
tapi ....
semisalkan susu itu berobyek kasar,
maka ia akan dapat dikunyah oleh manusia yang mengurangi kerca si usus.


"Akibat tidak bercampur enzim, tugas usus semakin berat. Begitu sampai di usus, susu tersebut langsung menggumpal dan sulit sekali dicerna. Untuk bisa mencernanya, tubuh terpaksa mengeluarkan cadangan ”enzim induk” yang seharusnya(lebih baik) dihemat. Enzim induk itu mestinya untuk pertumbuhan tubuh, termasuk pertumbuhan tulang"



saya mau tanya, bisakah prilaku hewan disamakan dengan manusia?
kalau mau dilihat lebih jauh
bayi hewan begitu lahir ga lama bisa berdiri,jalan bahkan lari
gedean dikid bisa cari makan sendiri
bayi manusia?ga bisa kan begitu lahir tau2 berdiri/jalan/lari dan ga bisa kan cari makan sendiri?
ini secara logika menipu

haruskah digeneralisir sampai ke fungsinya seluruh anggota badan?
bukankah pembicaraan hanya sebatas tataran apa aja yang dikonsumsi manusia,
apakah baik untuk badan?
meski ada banyak sekali parameternya,

ps : sowwy pengetahuan gw ttg kedokteran minim
tapi gw sendiri dari tahun 2006-2009 epride minum susu instant sapi.
tahun ini saya hentikan pas begitu ngeh kalau penyebab bodi gw ada yang 'sakit' karena susu.

awalnya berhenti karena gw musti konsumsi obat selama beberapa waktu.
trus ngerasa bagian 'itu' agak mendingan.
setelah itu gw minum susu lagi..
eh ternyata bagian 'itu' kumat lagi.

sejak itu gw berhentiin minum susu sejak 4 bulan ini,
dan bagian yang 'itu' lambat laun pulih.

sowwy gw ga bisa ngumung gamblang. ini forum umum sualnya :cool:

Gregory House
04 November 2009, 14:27
a. Enzim ptialin -> dihasilkan oleh kelenjar ludah.
Fungsi : ngubah amilum (zat tepung) jadi glukosa.

b. Enzim amilase -> dihasilkan oleh kelenjar ludah dan kelenjar pankreas.
Fungsi : amilase memecah molekul amilum jadi sakarida dgn molekul yg lebih simpel, yaitu maltosa.

masalahnya tidak ngebahas laktosanya..
tapi ....
semisalkan susu itu berobyek kasar,
maka ia akan dapat dikunyah oleh manusia yang mengurangi kerca si usus.

nah, terus?
masih banyakan bahan2 diluar sana yg cair yg kita konsumsi?
gmn dengan sirup?atau coklat cair?
dan mana makanan yg lebih mudah dicerna?cair atau padatan?




"Akibat tidak bercampur enzim, tugas usus semakin berat. Begitu sampai di usus, susu tersebut langsung menggumpal dan sulit sekali dicerna. Untuk bisa mencernanya, tubuh terpaksa mengeluarkan cadangan ”enzim induk” yang seharusnya(lebih baik) dihemat. Enzim induk itu mestinya untuk pertumbuhan tubuh, termasuk pertumbuhan tulang"


bisa jelasin enzim induk itu apa?
secara struktur gmn?siapa yg hasilin?fungsinya apa?



haruskah digeneralisir sampai ke fungsinya seluruh anggota badan?
bukankah pembicaraan hanya sebatas tataran apa aja yang dikonsumsi manusia,
apakah baik untuk badan?
meski ada banyak sekali parameternya,

harus dunk,dan bukan generalisasi tapi dispesifikan
karena struktur badan makhluk hidup itu berbeda2
banyak faktor yg menentukan hal itu

pemikiran yg samain ama sapi.kuda,kambing,dll itu mirip gini, sayuran bikin gendut, jangan makan sayur
kenapa?liat aja tuh gajah gede makan sayuran kan
nah loh

contoh aja deh kenapa ga boleh gitu aja disamain, organ pencernaan tubuh sapi ama manusia sama ga?
beda kan, karena makanannya beda, sapi herbivora, manusia omnivora



ps : sowwy pengetahuan gw ttg kedokteran minim
tapi gw sendiri dari tahun 2006-2009 epride minum susu instant sapi.
tahun ini saya hentikan pas begitu ngeh kalau penyebab bodi gw ada yang 'sakit' karena susu.

awalnya berhenti karena gw musti konsumsi obat selama beberapa waktu.
trus ngerasa bagian 'itu' agak mendingan.
setelah itu gw minum susu lagi..
eh ternyata bagian 'itu' kumat lagi.

sejak itu gw berhentiin minum susu sejak 4 bulan ini,
dan bagian yang 'itu' lambat laun pulih.

sowwy gw ga bisa ngumung gamblang. ini forum umum sualnya :cool:

gini
itu dia makanya ga boleh digeneralisasi
tiap manusia aja bisa beda, apalagi manusia ama sapi hihi
emang ada orang2 yg ga boleh minum susu karena misalnya dia alergi laktosa

etca
04 November 2009, 15:32
Hahahahhaha gilingan... :kakaka:
serasa gw si Dr. Hiromi Shinya itu :kakaka:

suer gw ngakak abis baca sederet pertanyaannya itu... :kakaka::kakaka::kakaka::kakaka:

Bad_Love
05 November 2009, 11:44
nexium ini kalo gak salah esomeprazole...:)

pernah juga dapat nih obat...mahal mmg,,,waktu itu beli 1 kapsul or tablet (lupa), tapi harganya 17rb...ckckckckck....

kl kasusnya gak gitu parah, biasanya gak sampai di kasih tuh obat..

nexium itu memang esomeprazole :) bisa bwt gas lambung jg kan katanya :bravo: tokcer deh ini obat...

di apotik kecil biasa ga ada
harus ke apotik rumah sakit
*kalo disini sih ;)

TumTum
05 November 2009, 19:32
Rin,nexium itu obat maag yg paling tokcer,biasanya kalo uda parah br minum ini,kalo ga parah jangan,nanti nagih,obat yg ga sekeras nexium jd ga mempan lg..

Strocain menurut g ok kok kalo memang gangguan asam lambungnya ga parah..

Gregory House
05 November 2009, 20:56
Hahahahhaha gilingan... :kakaka:
serasa gw si Dr. Hiromi Shinya itu :kakaka:

suer gw ngakak abis baca sederet pertanyaannya itu... :kakaka::kakaka::kakaka::kakaka:

errgggg
gmn ya keseruan nulisnya gw hihi

piezza
05 November 2009, 21:49
nexium itu memang esomeprazole :) bisa bwt gas lambung jg kan katanya :bravo: tokcer deh ini obat...

di apotik kecil biasa ga ada
harus ke apotik rumah sakit
*kalo disini sih ;)


Rin,nexium itu obat maag yg paling tokcer,biasanya kalo uda parah br minum ini,kalo ga parah jangan,nanti nagih,obat yg ga sekeras nexium jd ga mempan lg..

Strocain menurut g ok kok kalo memang gangguan asam lambungnya ga parah..

TumTum, yg bilang tokcer tuh Bad_Love,,,bukan Rin...:) di atas gue juga sudah bilang, biasanya kalau kasusnya nggak parah, gak bakalan sampai di kasih obat ini...:)

leicneagra
06 November 2009, 00:24
sudah seminggu lebih ini sy merasa asam lambung saya tuh naik ke kerongkongan (esofagus). jadi tuh di pangkal kerongkongan berasa ada yg panas dan asam. terutama terjadi di malam hari. kadang2 saya terpaksa tidur setengah bersandar supaya gak makin parah asam lambungnya. kenapa ya? sy baru pertama kali seperti ini.

kl gak salah bahasa kerennya GERD ya? Gasto-esofageal reflux desease

sudah seminggu terakhir ini sih sy coba minum ranitidin sblm tidur. lumayan membantu. tp kl belum minum, ya tetap aja seperti itu.

ada yg pernah mengalami??

pola makan lo selama ini gimana?
suka telat?
trus makan malamnya lo suka kemalaman ga...?
ato lo suka makan sambil tidur2an
ato jarak makan malam lo terlalu dekat wktu tidur..ato simpelnya lo abis makan biasanya langsung tidur?

piezza
06 November 2009, 21:06
@ arga :

gue biasanya gak makan malam, sudah lama kebiasaan ini. gue jarang makan diatas jam 7 malam, tapi biasanya sebelum bo2, gue minum susu...tapi minum susu sebelum tidur ini memang kebiasaan gue sejak 4 tahun lalu...


hari ini gue ke dokter, waahhh... banyak dikasih obat maag....

1. omeprazole
2. sanmaag
3. strocain

dan minggu depan mesti kontrol lagi...

leicneagra
07 November 2009, 14:41
@ arga :

gue biasanya gak makan malam, sudah lama kebiasaan ini. gue jarang makan diatas jam 7 malam, tapi biasanya sebelum bo2, gue minum susu...tapi minum susu sebelum tidur ini memang kebiasaan gue sejak 4 tahun lalu...


hari ini gue ke dokter, waahhh... banyak dikasih obat maag....

1. omeprazole
2. sanmaag
3. strocain

dan minggu depan mesti kontrol lagi...

nah entuh penyebabnya :D

piezza
07 November 2009, 16:20
lambung gue parah karena obat2 analgesik yg dulu sering sekali gue konsumsi..krn sebelumnya gak pernah sampai seperti itu..

mudah2an setelah semua obat ini dihentikan, gue bisa punya kehidupan baru yg lebih sehat...:)

Arief_Chen
09 November 2009, 22:01
hmm... kalau gue sebagai orang awam, lambung menghasilkan asam, yah harus dinetralisir dengan bahan basa, dan itu biasa-nya didapat pada makanan seperti susu yang bersifat basa. Obat2 buat sakit maag juga seperti kayak-nya.

Ada baik-nya obat analgesik yang dikonsumsi Rin itu coba ditanyakan efek samping-nya dan cara menghilangkannya dari peredaran darah, karena konsumsi yang terus menerus.

Tentu saja harus ada obat yang sesuai karena obat2 analgesik setahu aku sih sangat memberatkan kerja hati dan ginjal, so perlu gizi khusus untuk memperbaiki kerja dari hati, serta jaga makan yang ketat supaya tidak ada bahan yang memperberat kerja hati.

Gregory House
10 November 2009, 05:40
ga gitu juga sih
kan di lambung ada larutan buffer sehingga kalau ada yg bersifat basa masuk pH ga banayak berubah
obat2an itu membantu dengan mengurangi pengeluaran zat asam lambung

der arrangeur
12 November 2009, 14:29
gastro-esofageal reflux..
morina pola makannya gimana?

der arrangeur
12 November 2009, 14:30
susu boleh saja kok di konsumsi manusia dewasa..
no problem
sumber nutrisi yang bagus pula

piezza
14 November 2009, 21:40
hmm... kalau gue sebagai orang awam, lambung menghasilkan asam, yah harus dinetralisir dengan bahan basa, dan itu biasa-nya didapat pada makanan seperti susu yang bersifat basa. Obat2 buat sakit maag juga seperti kayak-nya.

Ada baik-nya obat analgesik yang dikonsumsi Rin itu coba ditanyakan efek samping-nya dan cara menghilangkannya dari peredaran darah, karena konsumsi yang terus menerus.

Tentu saja harus ada obat yang sesuai karena obat2 analgesik setahu aku sih sangat memberatkan kerja hati dan ginjal, so perlu gizi khusus untuk memperbaiki kerja dari hati, serta jaga makan yang ketat supaya tidak ada bahan yang memperberat kerja hati.

oh iya, jujur baru kepikiran nih. susu itu kan alkali ya?? hemmm...besok aku tanyakan deh ke dokternya, koq dilarang minum susu ya..:)


gastro-esofageal reflux..
morina pola makannya gimana?

ya, gue mmg rada berantakan untuk jam makan malam, soalnya sudah kebiasaan gak makan malam, jadi rasanya gak enak aja pas dibiasakan makan malam..berasa penuh banget perutnya..hehe


susu boleh saja kok di konsumsi manusia dewasa..
no problem
sumber nutrisi yang bagus pula

ya...minumlah susu sebelum minum susu itu dilarang...:kakaka:

der arrangeur
16 November 2009, 01:07
:))
morina, coba aja makannya jadwalnya di benerin.
sapatau gara2 itu saja..
ga perlu obat2 dong ya...
:D

piezza
16 November 2009, 05:43
:))
morina, coba aja makannya jadwalnya di benerin.
sapatau gara2 itu saja..
ga perlu obat2 dong ya...
:D


kata dokternya lambung gue udah kronis plus ada cholecystitis...dan hari ini gue bakalan ke ke bagian gastroenterologi........

makasih ya...:rowow:

der arrangeur
16 November 2009, 10:18
hai morina,
wah, ke bagian Gastroenterologi paling cocok sih..
ntar bagi2 ke kita, ya di kasi terapi apa aja ?

Phoen1x
16 November 2009, 12:31
sudah seminggu lebih ini sy merasa asam lambung saya tuh naik ke kerongkongan (esofagus). jadi tuh di pangkal kerongkongan berasa ada yg panas dan asam. terutama terjadi di malam hari. kadang2 saya terpaksa tidur setengah bersandar supaya gak makin parah asam lambungnya. kenapa ya? sy baru pertama kali seperti ini.

kl gak salah bahasa kerennya GERD ya? Gasto-esofageal reflux desease

sudah seminggu terakhir ini sih sy coba minum ranitidin sblm tidur. lumayan membantu. tp kl belum minum, ya tetap aja seperti itu.

ada yg pernah mengalami??

Wow.. kalo asam lambung ampe naek ke kerongkongan, itu udah parah lho... bukannya gue mo nakut2in..
soalnya gue juga gitu.. cuman gue merasa ga bisa nafas gitu... awal2nya gue pikir asma, ke dokter, cek, ga ada asma... cek ini itu, ga ketauan.

Akhirnya dokter suruh x-ray... setelah X-ray, tau2, paru2 sehat2 aja, tapi di bawah paru2 (yaitu lambung) ada black shadow gitu.. kata dokter, itu pasti asam lambung gue.. jadi gue blg gue mo further check up... then, blood test buat cek asam lambung (ga tau apa namanya). Tau2, kata dokter, mereka nemuin bakteri H.Plyori positive...

Trus disuruh UBT test lg, buat kepastian... Dari hasil UBT, ternyata kadar bakterinya tinggi banget, makanya gue sering merasa sesak napas... normal people, kadarnya maximum 2.5, punya gue ampe 110.5... Dokter jg rada shocked.... sekarang, gue disuruh minum 2 jenis antibiotik n 1 buat acid selama 10 hari.. Setelah itu, mo pegi endoscoop, buat make sure, ga ada ulcer di lambung....

Coba lu pegi cek darah n UBT test, karena gas lambung begini, bisa trigger ulcer lama2... n penyakit2 laennya..

Sementara jgn makan makanan berminyak2.. gue juga g absia makan makanan berminyak.. Pernah sekali, makan ayam penyet, malemnya mo mati rasanya... kata dokter, minyak itu zat yg susah dicerna, makanya gue jadi bloated n merasa sesak nafas... ga boleh makan makanan berminyak....

Hope this helps :)

piezza
17 November 2009, 06:10
kemarin ternyata gue belum dirujuk ke bagian gastroenterologi...:)

sementara masih dengan dokter jantung gue, katanya lihat dua minggu lagi, kalo masih ada gejala2, baru dirujuk..

makanan yg gak boleh dimakan tetap : susu (apapun jenisnya), teh, kopi, asam, dan pedas...

tapi yang gue rasakan sekarang, kayaknya memang lumayan mebantu. setelah gue terapi dan gak konsumsi makanan2 yang dilarang, berasa banget nyeri dada gue sudah gak sesering yang dulu...:)

Cup-Cup-Waw-Waw
17 November 2009, 08:56
kk morin ada history jantung yah ? :( lekas sembuh ya kak

piezza
17 November 2009, 17:07
waduh...koq mangginya kakak??

latar belakangnya mmg masalah jantung..:)

der arrangeur
18 November 2009, 09:49
gmana hasil pemeriksaannya morina?

piezza
21 November 2009, 19:18
gmana hasil pemeriksaannya morina?

sementara ini masih dengan dokter jantung gue, beliau bilang, dicoba lanjutkan dulu terapinya 2 minggu lagi, baru kalo masih blm hilang total gejalanya, akan dirujuk ke gastroenterologi...:)

gue sih masih ngerasain seringkali asam lambung gue produksi berlebihan.. jd kayak misalnya gue baru makan satu jam, lalu gue rasa ulu hat gue panas, dan berasa banget asam lambungnya keluar..

dan masih begitu sensitif terhadap makanan2 tertentu..;)

Arief_Chen
21 November 2009, 19:49
Hmm... tidak bisa banyak membantu, tapi kita bantu berdoa saja untuk morin.

piezza
21 November 2009, 21:02
Hmm... tidak bisa banyak membantu, tapi kita bantu berdoa saja untuk morin.

doa itu bantuan yang paling berarti lho...;) makasih ya ko Arief...:D

piezza
04 December 2009, 09:01
lambung gue belum beres juga nih...:(

susahnya jaga lambung..hehe

Arief_Chen
04 December 2009, 20:21
sabar morin, pelan-pelan, karena perlu waktu untuk healing, yang penting jaga pikiran tetap positif

giamarni
30 March 2010, 12:01
hei piezza bgaimana lambungnya sudah sembuh?
berapa lama penyembuhannya?
aku jg lg masa penyembuhan dr GERD

yong_fuk
30 March 2010, 12:40
paling ampuh COKLAT

Hdr Karlianto
30 March 2010, 12:54
emang coklat bisa mennyembuhkan Sakit Maag ? Baru denger nih :)

yong_fuk
30 March 2010, 15:11
bukan menyembuhkan tapi meredam dan merupakan pertolongan pertama

piezza
30 March 2010, 18:21
teman-teman, mohon maaf sebelumnya kalau sedikit berbeda pendapat...


COKLAT adalah salah satu pemicu timbulnya GERD, karena cokelat terbukti merangsang pengeluaran asam lambung.

Buat giamarni :

- penyebuhan GERD itu tergantung masing-masing individu. Biasanya 6-8 minggu dan maintance / on demand sekitar 4 bulan.

- gejala2 pada GERD yg nyata adalah sering terasa asam lambung di kerongkongan, dan sering terasa nyesek di ulu hati atau di bagian perut kiri, kira2 dibawah jantung.

- yang harus diperhatikan semasa pengobatan dan seterusnya :
1. meninggikan posisi kepala saat tidur
2. menghindari makan menjelang tidur
3. berhenti merokok dan alkohol
4. kurangi lemak dalam jumlah makanan
5. hindari teh, cokelat, pepermint, kopi, minuman bersoda

semoga bermanfaat..:)

giamarni
31 March 2010, 05:56
iya betul..coklat tidak disarankan untuk penderita maag dan GERD
karena memperlambat pengosongan lambung

Hdr Karlianto
31 March 2010, 11:42
klo gitu banyak minum jus baik ga buat penderita asam lambung ?
Post Menggunakan Mobile Phone
[Only registered and activated users can see links]

piezza
01 April 2010, 22:13
kl jus buah2 yg tidak merangsang produksi asam lambung berlebihan, boleh2 saja donk..:)