PDA

View Full Version : Apa yang akan saya lakukan kalau saya adalah seorang Manager Sales



Arief_Chen
29 June 2010, 18:13
Kalau saya adalah seorang manager sales, problem-problem yang selalu saya hadapin adalah Number. Berikut adalah beberapa problem yang selalu saya hadapi dari sisi seorang manager

1. Target vs Quota
2. Hijack Company
3. Entertain Funds
4. Competitor products
5. Tuntutan Gaji dan komisi
6. Fasilitas tambahan
7. Hire and Fire employee
8. Marketing / Business Plan
9. dan lain-lain.

Tapi yang paling menonjol dan sangat berpengaruh kepada itu semua adalah dari sisi manage karyawan dan juga problem2 bersifat personal.

Apa yang akan seorang manager lakukan kalau ada seorang karyawan salesman yang malas dan selalu mengeluh ?
Salesman jenis ini ada dua akar permasalahan-nya dimana karena memang orang-nya tidak mampu atau karena ada kebijaksanaan dari perusahaan yang membuat-nya seperti itu sehingga kurang motivasi.
Solusi-nya ? untuk jenis pertama mudah, mutasi dengan level lebih bawah dan gaji lebih bawah lagi atau minta dia mengundurkan diri / putusin kontrak.
Untuk jenis yang kedua adalah melakukan komunikasi secara pribadi kepada-nya. Biasa-nya jenis yang ini akan memberitahukan kalau dia tidak puas dengan gaji, fasilitas kantor, dan juga pricing yang tidak kompetitif, dimana solusi-nya adalah find out apakah memang pricing tidak kompetitif, review performance dan gaji, serta memberikan beberapa lead kepada-nya untuk dikerjakan.


Apa yang akan dilakukan seorang manager apabila ada salesman yang suka berbuat curang ?
Tidak ada seorangpun sales yang begitu jujur kepada atasannya, mengapa ? kalau dia jujur, dia tidak mungkin akan menjadi seorang salesman. Seorang manager yang baik akan men-tolerir langkah2 kecurangan dengan bijak dan proposional, maksud-nya proposional ? arti-nya selama masih batas wajar dan tidak merugikan perusahaan sampai nilai tertentu tidak masalah, asalkan salesman tersebut tetap bisa memberikan sales dan mencapai Target-nya.

Apa yang akan dilakukan seorang manager apabila ada salesman yang suka pindah-pindah pekerjaan ?
Tidak dipungkiri kalau semua orang bekerja untuk mencari uang dan mencari kenyamanan. Dalam hal ini akan sangat berkaitan dengan gaji dan komisi serta fasilitas. Review Performance harap dibuatkan secara teratur, sehingga tuntutan dari sales tersebut bisa dipenuhi kalau memang performance-nya sesuai dengan tuntutan-nya. Open mengenai perhitungan dan review sangat penting, karena sales yang pintar akan dapat melihat keuntungan yang ditawarkan oleh perusahaan dibandingkan dengan dari tempat lain.

Apa yang akan dilakukan seorang manager apabila ada salesman yang suka menjatuhkan rekan satu team ?
Untuk satu team sales yang bersaing di dalam satu perusahaan, biasa-nya akan terjadi hal seperti ini, dimana saling sikut dan rebutan account. Ini terjadi juga karena tuntutan dari Target penjualan masing-masing sales. Seorang manager yang baik akan membuat pembagian segment yang jelas sehingga sesama sales tidak akan saling rebutan, Tapi tentu saja juga perlu suatu batasan pembagian account yang baik, misalkan seorang salesman yang overload dengan project bisa melemparkan ke salesman yang lain untuk dikerjakan, daripada lead / sales tersebut hilang / jatuh ke tangan competitor. Tentu saja dalam hal ini bisa dibuatkan aturan yang jelas, kalau pembagian komisi masih bisa diambil oleh sales account tersebut dengan nilai yang dibagi kepada salesman yang menangani.

Apa yang akan dilakukan seorang Manager apabila perusahaan competitor meng-hijack salesman-nya ?
tidak dipungkiri kalau competitor setiap saat akan berusaha meng-hijack salesman dari suatu perusahaan dengan iming2 gaji, komisi dan fasilitas yang lebih supaya bisa mendapatkan project2 yang sedang dikerjakan oleh salesman tersebut. Seorang manager yang baik akan melakukan proteksi dengan system kontrak yang jelas dari awal penerimaan karyawan, selain itu juga proteksi dari sisi principal products sehingga hal ini bisa lebih dihindari.

bersambung

micell
14 August 2010, 21:21
mana lanjutan nya om?

Arief_Chen
14 August 2010, 21:26
Lagi sering gak di depan laptop neh om, kasihan jempol ogut dan tuts-nya bb kalau dipencet terlalu banyak ;D

Akan dilanjutkan deh :D
Post Menggunakan Mobile Phone
[Only registered and activated users can see links]

micell
14 August 2010, 22:32
baik, ditunggu yah..
selesaikan apa yg telah anda mulai..

:hampat:

Arief_Chen
14 August 2010, 23:45
Baik om micell :p
Post Menggunakan Mobile Phone
[Only registered and activated users can see links]

Arief_Chen
24 August 2010, 13:10
Apa yang saya lakukan ketika customer sering meminta untuk di-entertain, terutama di tempat-tempat yang mewah dan mahal ?
Seorang sales manager yang baik akan dapat memilah mana saja yang perlu dilakukan dan tidak, tergantung dari kondisi keuangan-nya sendiri dan kebijakan perusahaan apakah terdapat system reimburse atau tidak. Biasa-nya sih perusahaan yang bermain di project akan menyediakan fasilitas ini, tapi tentu saja ada perhitungan secara bisnis-nya dimana total entertain funds tidak boleh lebih dari 1% dari nilai project.
Entertain memang menjadi hal yang biasa dan rahasia umum di kalangan sales, karena mental serta kebiasaan dari para client/customer.

Apa yang akan dilakukan oleh seorang manager apabila dalam menjual product-nya terdapat banyak sekali kompetitor ?
Seorang sales manager yang baik akan membekali diri-nya dan juga anak buah-nya dengan pengetahuan yang mumpuni, selain itu juga selalu inovatif dalam membuat terobosan serta menonjolkan keunggulan dari products-nya. Hal itu bisa dilakukan dengan melakukan analisa SWOT ( Strength, Weakness, Opportunities, dan Threaten ) Cara melakukan analisa tersebut akan di-bahas di thread berikut-nya.

Apa yang akan dilakukan oleh seorang sales manager apabila anak buah-nya menuntut gaji serta komisi ?
Seorang sales manager yang baik akan dapat menjembatani tuntutan tersebut kepada atasan, tentu saja tolok ukur juga dari number yang di-deliver oleh sales tersebut. Sales manager bisa memberikan data yang akurat dari total omzet dan juga margin yang dihasilkan oleh sales tersebut, sehingga sales tersebut pantas untuk mendapatkan gaji serta komisi yang lebih baik. Tapi ini juga harus dipertegas kepada sales, dimana dengan gaji serta komisi yang lebih, maka perusahaan tentu saja akan menuntut hal yang sama dalam target penjualan. Selama masih bisa dideliver hal ini tidak menjadi masalah. Yang paling parah adalah performa sudah tidak bagus, tapi menuntut gaji yang lebih tinggi dan komisi yang lebih baik. Dimana-mana seorang Pemilik perusahaan pasti menginginkan bukti terlebih dahulu sebelum memberikan / memenuhi tuntutan yang di-ajukan.

Apa yang dilakukan oleh seorang Sales Manager di perusahaan yang mempunyai turn-over yang tinggi sekali ?
Sales manager yang baik tentu menginginkan team-nya solid dan dapat melakukan deliver number untuk target yang dibebankan.Tapi apa yang terjadi kalau banyak sekali karyawan atau anak buah yang berhenti atau pindah ke competitor. Faktor team play dan juga strategi bisnis anda sebagai sales manager akan sangat berpengaruh di sini. Selain itu, kebijaksanaan perusahaan juga ambil andil dalam turn-over yang tinggi. Cobalah lebih mendekati dan memotivasi serta temani sales yang baru untuk supaya tahu karakter-nya dan keahlian-nya.

Bersambung lagi

surya
28 March 2011, 20:22
masih ada yang kurang om!......................
di kalangan sales,terutama dalam produk2 yang jadi konsumsi publik,seperti makanan atau obat-obatan.
pasti tidak akan asing dengan istilah "BUANG BARANG"
alias menjual barang di bawah harga standar dari harga yang sudah di tetap kan perusaha,an.
biasa nya ini di lakukan oleh para sales,untuk mengejar target penjualan.
tapi kadang hal ini di lakukan untuk menjatuh kan produk kompetitor.
:D

surya
28 March 2011, 20:26
"BUANG BARANG"
di kalangan sales memang merugikan sales itu sendiri,karna mereka harus membayar sisa harga dari barang yang mereka jual,alias nombok.
namun tombokan(istilah biasa bagi para sales) ini akan bisa di tebus bila dapat insentif besar.
:kakaka:

Rijallulghoib
04 April 2011, 19:34
wedew.............
bro surya ini rupanya sales juga ya?......
:D

Arief_Chen
22 August 2011, 12:52
masih ada yang kurang om!......................
di kalangan sales,terutama dalam produk2 yang jadi konsumsi publik,seperti makanan atau obat-obatan.
pasti tidak akan asing dengan istilah "BUANG BARANG"
alias menjual barang di bawah harga standar dari harga yang sudah di tetap kan perusaha,an.
biasa nya ini di lakukan oleh para sales,untuk mengejar target penjualan.
tapi kadang hal ini di lakukan untuk menjatuh kan produk kompetitor.
:D

Biasa-nya untuk istilah buang barang adalah kesalahan dari perhitungan forecast untuk stocking barang ataupun karena trend market sudah lewat sehingga barang belum sempat habis.

Cara mengakali stock berlebih ini biasa-nya langsung dilemparkan ke pasar dengan harga modal ataupun harga di bawah modal, tentu saja sebagai seorang sales manager yang baik pasti akan memperhitungkan kerugiannya yang ditutupi dengan profit pada penjualan sebelum-nya. Tanggung jawab sales manager adalah harus menghitung sampai ke arah rugi dan laba perusahaan dari product yang dijual-nya.

Ada beberapa cara selain menjual dengan harga modal, yaitu dengan menggabungkan menjadi paket penjualan pada barang lainnya yang sudah terlebih dahulu diperhitungkan profit-nya, selain itu bisa juga dijadikan barang gift yang ditawarkan kepada perusahaan2 yang membutuhkan gift.
Contoh dalam hal ini misalkan handphone dengan nilai modal sekitar 300rb rupiah, dimana harga pasar sudah mencapai sekitar 250rb rupiah. Dengan cara penjualan yang digabungkan dengan handphone yang sedang trend misal-nya yang harga modal 500rb rupiah dengan harga jual 800rb rupiah, maka handphone tersebut dapat digabungkan dengan product yang sedang trend dengan memberi nilai jual 900rb ( selama stock masih ada :D ) jadi kalau dijual masih ada nilai keuntungan bagi perusahaan. Dan kalau pun stock barang lama sudah habis maka keuntungan akan langsung meningkat karena harga jual tetap di 900rb rupiah.

Untuk Gift, beberapa perusahaan perbankan akan membutuhkan banyak handphone untuk dibagikan sebagai hadiah kepada pelanggan-nya serta juga untuk operasional kantor. Kejelian seorang sales manager untuk melihat peluang ini dan menawarkan product-nya menjadi sangat penting. Itulah mengapa jenjang gaji seorang sales manager yang handal dengan sales manager yang biasa bisa beda 100% - 200%.

Mengenai pembuangan stock ke pasar untuk menjatuhkan harga dari kompetitor, itu bukan langkah yang bijak dan malah cenderung memancing perang harga, dan pada akhir-nya tidak ada yang diuntungkan. Sebagai sales manager yang baik, tentu tidak akan melakukan ini karena selain perusahaan tempat dia bernaung akan terancam perang harga yang ujung2-nya profit kecil dan semakin banyak stock yang tidak laku dijual serta pencitraan terhadap merek menjadi buruk. Semua akan menumpuk menjadi : TIDAK ADA KENAIKAN GAJI :haha: , TIDAK ADA BONUS :kakaka:, TIDAK ADA BIAYA ENTERTAIN :nono:

Arief_Chen
22 August 2011, 13:04
Apa yang akan dilakukan seorang sales manager yang baik untuk membuat business plan ?

Business plan adalah proyeksi perencanaan kemana arah bisnis dari suatu perusahaan akan berjalan. Business plan menjadi sangat penting karena seperti pengarah suatu perusahaan untuk bergerak dan berkembang menjadi lebih besar. Kesalahan dalam business plan akan membuat suatu perusahaan mengalami kemunduran dan bahkan bangkrut.

Faktor apa saja yang perlu diperhatikan untuk membuat business plan ?
1. Visi Perusahaan
2. Misi Perusahaan
3. SWOT = Strength, Weakness, Opportunities, Threaten
4. Target Market
5. Marketing Plan
6. Sales Plan
7. Target Sales
8. Marketing Budget
9. Forecast
10. Profit & Loss Calculation

Secara berurutan itu adalah faktor penting yang akan menentukan visi dari langkah selanjut-nya. Untuk pembahasan berikut-nya akan dibahas di Thread tersendiri mengenai business plan.

Semoga membantu.

manohara
24 August 2011, 15:35
menarik untuk disimak :D

kalo mano jadi manager sales, kayanya bakalan rusak deh yaa :kakaka:

Arief_Chen
25 August 2011, 10:55
hehhee .... ada pepatah, kalau sudah pernah merasakan kalah, berarti akan merasakan menang :) ( ada juga yang bilang kesalahan itu adalah cambuk untuk menuju keberhasilan )

pepatah yang pertama itu dapat-nya dari terjemahan mandarin :p

manohara
25 August 2011, 16:50
yes sure! :bravo: :kakaka:

mano emang ngga berbakat jadi manager sales, om.. jadi salesnya aja udah ngga berbakat, apalagi jadi manager sales? not my interest.. :kakaka:

Arief_Chen
26 August 2011, 07:39
well, saya cuman bisa bilang bahwa bakat memang tidak bisa dipelajari, tapi satu hal yang pasti adalah bakat cuman berperan kecil dalam keberhasilan

micell
26 August 2011, 08:22
Pastinya, seseorang yg pendiam dan pasif akan sulit utk sukses dalam dunia marketing
Post Menggunakan Mobile Phone
[Only registered and activated users can see links]

Arief_Chen
26 August 2011, 14:36
Not True om Micell, the real truth is they cannot survive :D

manohara
27 August 2011, 17:04
jadi begini ceritanya :o

waktu masih kuliah semester 2, mano pernah ditawarin jadi sales promotion girl di sebuah dealer mobil terkenal di kota bandung. mano waktu itu mikirnya, mumpung jadwal kuliah belum padat2nya, mendingan dicoba nih.. cari pengalaman juga.. FYI, umur mano baru 15 jalan ke 16 tahun saat itu.. :D

tapi dengan syarat, mano harus bisa merayu konsumen, :D

nah di situlah masalahnya... mano bukan tipe cewe yang bisa merayu.. :kakaka:meskipun mano punya kepribadian extrovert :kakaka:

trus yang aneh (ini tanpa mano duga), udah berpuluh2 kali konsumen2 yang dateng ke mano malahan curhat, bukannya mau beli mobil :kakaka: beberapa kali mano ditergur sama si manager : "mano, kamu kerja donk jangan ngobrol aja!" :ngomel: ==> padahal si manager ngga tau, yang mau ngobrol itu si konsumen, curhat panjang lebar. ya mano sih dengerin aja...:kakaka:

akhirnya belum sampe 1 bulan kerja, mano minta berhenti.. dan sampe sekarang mano suka geli sendiri kalo inget kejadian waktu itu.. :kakaka:

i'm not born to be a sales, :kakaka: kesimpulannya sih begitu :kakaka:

micell
27 August 2011, 19:06
Not True om Micell, the real truth is they cannot survive :D

Hm, marketing selalu berkaitan dgn menjual. Bagaimana seorang pasif bs menciptakan ide utk menunjang penjualan nya?
Yes they cannot survive, because they're too passive.
Post Menggunakan Mobile Phone
[Only registered and activated users can see links]

Arief_Chen
28 August 2011, 12:26
@mano, sebenar-nya cuman perlu trigger satu saja kok mano. yaitu curhat balik bahwa penjualan sepi dan jarang ada yang beli, manfaatkan ke-wanita-an yang meluluhkan hati itu :D

@micell, that's so true :)

at the end, saya cuman merasa kalau there's nothing imposibble, the only matter only if you're ready to do it or not, experience play a major factor here

micell
28 August 2011, 12:51
When there is a will, there is a way.. Gitu kali ya..

Maka nya, "will" nya dulu yg harus diutamakan.
Will=mau

Saya mau mencoba
Saya mau belajar
Saya mau aktif
Saya mau menekuni
Saya mau sukses

:D
Post Menggunakan Mobile Phone
[Only registered and activated users can see links]

Arief_Chen
28 August 2011, 16:05
betullll :bravo:

davidb_art
06 December 2013, 12:51
Dear Om Arief,

Kelanjutan threadnya dimana ya? bisa saya dikasihkan link nya? Terima kasih.

Faktor apa saja yang perlu diperhatikan untuk membuat business plan ?
1. Visi Perusahaan
2. Misi Perusahaan
3. SWOT = Strength, Weakness, Opportunities, Threaten
4. Target Market
5. Marketing Plan
6. Sales Plan
7. Target Sales
8. Marketing Budget
9. Forecast
10. Profit & Loss Calculation

Secara berurutan itu adalah faktor penting yang akan menentukan visi dari langkah selanjut-nya.

davidb_art
06 December 2013, 12:53
Dear Om Arief,

Untuk kelanjutannya tulisannya berikut dibawah boleh saya dikasi link nya? Terima kasih

Hal itu bisa dilakukan dengan melakukan analisa SWOT ( Strength, Weakness, Opportunities, dan Threaten ) Cara melakukan analisa tersebut akan di-bahas di thread berikut-nya.