PDA

View Full Version : Event sastra, seni dan budaya



piezza
13 November 2009, 15:15
LOMBA KISAH KASIH IBU
Word Smart Center dan Penerbit Mizan


Kasih ibu
kepada beta
tak terhingga
sepanjang masa

hanya memberi
tak harap kembali
bagai sang surya
menyinari dunia

* * *

"...dengan setinggi-tingginja budi dan semulia-mulianja tenaga mendjalankan kewadjiban "keperempuanannja" mendidik putera-puteranja, dengan keinsjafan dan keridlaan-niat jang tertentu, sebenarnja mendidik putera-puteranja natie:--Hendaklah mereka terutama terhadap pada kewajiban keperempuannja mendidik anak-anaknja, dengan insjaf seinsjaf-insjafnja, bahwa selamat-tjelakanja bangsa sebenar-benarnja adalah di dalam genggaman mereka itu. Hendaklah mereka oleh karenanja, semuanya bertabiat sebagai ibu jang besar...." (Kongres Kaum Ibu --"suluh Indonesia Muda", 1928-- dalam buku Dibawah Bendera Revolusi, Ir. Soekarno [1959])

* * *

Lebih dari 75 negara di belahan dunia, seperti Amerika, Kanada, Jerman, Italia, Belanda, Jepang, Taiwan, Hongkong, Malaysia, Singapura, Australia dan seterus, merayakan Hari Ibu atau Mother's Day pada hari Minggu di pekan kedua bulan Mei untuk mengenang aktivis sosial Julia Ward Howe (1870) mencanangkan pentingnya perempuan bersatu melawan perang saudara. Beberapa negara Eropa dan Timur Tengah, Hari Ibu diperingati setiap bulan Maret untuk memuja Dewi Rhea, istri Dewa Kronus, dan ibu para dewa dalam sejarah Yunani Kuno. Sedangkan di Indonesia berdasarkan keputusan Kongres Perempuan Indonesia III pada tahun 1938 dan dikukuh oleh Dekrit Presiden No. 316 tahun 1959 bahwa tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu Indonesia untuk mengenang semangat dan perjuangan para perempuan dalam upaya perbaikan kualitas bangsa.

Sebagai seorang anak, kita berkewajiban agar ibu kita selalu berbahagia. Kita merayakan mereka, bukan karena sebagaimana termaktub di atas. Bukan karena mereka berani mengangkat senjata seperti Cut Nya Dien, Cut Mutiah, R.A. Kartini, Walanda Maramis, Dewi Sartika, Nyai Achmad Dahlan, Rangkayo Rasuna Said dan lain-lain. Bukan karena mereka bangkit memperjuangkan hak-hak perempuan seperti yang dilakukan oleh Kowani (Kongres Wanita Indonesia). Bukan pula karena mereka menjadi pemimpin bangsa sebagaimana dilakukan oleh Maria Ulfah yang menjadi menteri wanita pertama kali tahun 1950.

Kita persembahkan Hari Ibu/Mother's Day karena selama sembilan bulan kita bersemayam dalam rahim ibu kita; karena mereka berteriak dan berdarah-darah saat melahirkan ke dunia ini; karena mereka selama dua tahun memberi kita ASI penuh dengan kesulitan dan kurang tidur; karena mereka mengantarkan kita ke masa balita penuh dengan rasa cemas; karena mereka menyekolahkan kita dengan banting tulang dan rintihan do'a, karena mereka membimbing kita akan mendapatkan pekerjaan; dan karena tetap menyanyangi kita hingga akhir hayat.

Yang paling utama adalah, kita melakukannya, karena perintah Allah Swt: "Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya.. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia." (QS. Al-Israa[17]: 23) Dan tentu saja untuk berbuat baik itu tidak harus menunggu tanggal 22 Desember setiap tahun sekali, melainkan tiap hari, bahkan tiap detak jantung kita.

Dan salah satu cara kita berbuat baik terhadap mereka adalah mengabadikan kasih sayang mereka itu dalam bentuk tulisan. Sebab, dengan menuliskan perjuangan mereka membesarkan kita, kejujuran mereka dalam menasehati kita, kedisiplinan dan keadilan mereka dalam membentuk karakter kita, dan masih banyak prinsip-prinsip atau pun nilai-nilai yang mereka berikan kepada kita, merupakan sebuah sarana agar mereka menjadi buah tutur yang baik sebagaimana Nabi Ibarahim Alaihis salam pinta: "Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku hikmah dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang saleh dan jadikanlah aku buah tutur yang baik bagi orang-orang (yang datang) kemudian." (QS. Asy-Syu'ara [26]: 84)


Oleh sebab itu, WORD SMART CENTER sebagai komunitas dunia kepenulisan dan perbukuan --bervisi Menuju Indonesia Mulia, Cerdas, Mandiri, dan Kreatif-- bekerjasama dengan Penerbit Mizan menyelenggarakan acara LOMBA KISAH KASIH IBU sebagai kado cinta kepada kaum ibu.

T E M A

Lomba ini bertemakan:

"Kasih Ibu Sepanjang Masa, Selalu Memberi Tak Harap Kembali"

K A T A G O R I L O M B A

Katagori lomba adalah nonfiksi dalam bentuk esai, memoar, biografi singkat, atau tulisan seperti dalam buku Chicken Soup.

K R I T E R I A C E R I T A dan I S I T U L I S A N

1. Cerita harus berdasarkan kisah nyata (real story) atau berdasarkan fakta dan bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya, baik dialami oleh penulis sendiri, atau orang lain;
2. Isi cerita tidak boleh melanggar SARA, bernuansa pornografi, atau bertentangan dengan prinsip dan nilai kebenaran;
3. Cerita atau isi tulisan harus memberikan motivasi, inspirasi, dan pelajaran berharga bagi para pembaca.


K R I T E R I A N A S K A H

1. Berupa naskah tertulis dan disajikan secara sistimatis, sinkron, dan tuntas (tidak bersambung);
2. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar;
3. Naskah belum pernah diikutkan dalam lomba menulis, tidak sedang diikutkan dalam lomba menulis lainnya, atau disertakan dalam pembuatan buku antologi;
4. Naskah asli (karya sendiri) dan belum pernah diterbitkan dan atau dipublikasikan di media massa;
5. Naskah lomba minimal 5 halaman dan maksimal 15 halaman, ukuran kertas A4, spasi 1,5, jenis huruf Times New Roman, ukuran huruf 12;
6. Menyertakan biodata singkat atau identitas lengkap (file terpisah dari naskah lomba), meliputi: nama lengkap, TTL, pendidikan, alamat lengkap, nomor telepon/HP, email, no. rekening, plus fotokopi/scan (dengan resolusi secukupnya, tidak perlu terlalu tinggi/besar) kartu identitas diri (KTP/Pasport/SIM/dsb).
7. Bersedia menerima sangsi hukum apabila naskah terbukti hasil plagiasi dan atau terjemahan.

P E N G I R I M A N N A S K A H

- Naskah diterima panitia paling lambat tanggal 10 Desember 2009;
[Only registered and activated users can see links]
- Semua naskah tidak dikembalikan dan menjadi hak milik panitia.

K R I T E R I A P E S E R T A

1. Peserta lomba terdiri atas pelajar, mahasiswa, karyawan, ibu rumah tangga, dan masyarakat umum WNI (tanpa batasan usia), baik berdomisili di Indonesia maupun di luar negeri;
2. Setiap peserta boleh mengirim lebih dari satu naskah, sebanyak-banyaknya tanpa batas;
3. Peserta bukan tim penilai/juri;
4. Panitia lomba boleh mengikuti lomba;
[Only registered and activated users can see links]

P E N G U M U M A N P E M E N A NG

[Only registered and activated users can see links]
- Pemenang akan dihubungi panitia lewat e-mail/SMS untuk menerima hadiah.

H A D I A H

- Juara pertama sebesar USD 200 (Dua ratus Dolar Amerika)
- Juara kedua sebesar USD 150 (Seratus Lima Puluh Dolar Amerika)
- Juara ketiga sebesar USD 100 (Seratus Dolar Amerika)
- 3 juara harapan mendapatkan paket hadiah buku senilai Rp. 200.000,- dari Penerbit Mizan.
- 4 juara hiburan mendapatkan hadiah buku senilai Rp. 100.000,- dari Penerbit Mizan.
- Biaya pengiriman hadiah untuk juara I, II, dan III ditanggung oleh para pemenang.

H A K C I P T A

- Hak cipta ada pada penulis naskah;
- Hak terbit ada pada Word Smart Center untuk satu kali penerbitan;
- Royalti akan dihibahkan untuk kegiatan dan program Word Smart Center;
- Setiapkali buku terbit para penulis akan mendapatkan 3 eksemplar dari penerbit.


Didukung oleh:
[Only registered and activated users can see links] dan [Only registered and activated users can see links]


Keterangan lebih lanjut hubungi:
[Only registered and activated users can see links]

piezza
28 December 2009, 15:25
JAKARTA, KOMPAS.com — Taman Ismail Marzuki (TIM) identik dengan kegiatan-kegiatan teater yang diselenggarakan pada malam hari sehingga sering kali hanya dihadiri oleh segmen masyarakat tertentu.

Acara Festival Budaya mencoba hal berbeda, yaitu mengundang semua kalangan masyarakat dalam pertunjukan multibudaya, yang terselenggara sejak pagi hingga sore hari. Berlangsung sejak tanggal 13 hingga 29 Desember nanti, Festival Budaya menyajikan acara pameran, bazar, pementasan musik, tari, dan seni lainnya.

"Konsepnya pameran, bazar, workshop, lomba, dan pertunjukan-pertunjukan. Kita mencoba mendekati pengunjung yang biasanya segmennya tertentu saja," kata Anto Suhartono, salah satu panitia penyelenggara, Sabtu (26/12/2009).

Memperingati 60 tahun hubungan Indonesia-Rusia, Kedutaan Besar Federasi Rusia, Sabtu kemarin, mempersembahkan "Tanda Cinta dari Rusia", sebuah pertunjukan musik, tari, balet, dan teater.

"Pertunjukan tadi untuk mempererat hubungan Indonesia dan Rusia, juga memperingati 60 tahun kerja sama Indonesia-Rusia pada Februari 2010 nanti," kata Sekretaris Kedutaan Besar Federasi Rusia, Veronica A. Novoseltseva, di TIM, Sabtu.

Agenda Festival Budaya 2009 :

Minggu, 27/12/2009 : Seminar Guru "Mengajar dengan Cinta Melalui Teater", Lomba Baca Berita Televisi, Lomba Membatik, Lomba Facebook, Lomba Mewarnai Doraemon, Pementasan Topeng Gong, Musik Sasandu, dan Pementasan dari Kalimantan Timur.

Senin, 28/12/2009 : Pameran dan Bazar Produk Budaya, operet, dan pertunjukan lainnya.

Selasa, 29/12/2009 : Pementasan Rampak Gendang, Teater dari Teater Hitam Putih dan Teater Ariesta, Penutupan Festival Budaya, dan pengumuman pemenang lomba-lomba.

etca
30 December 2009, 15:57
From Note FBnya Nanang Suryadi.

LOMBA CIPTA PUISI INDOSAT

Sebagai upaya ikut membentuk karakteristik bangsa yang kreatif, mencintai keindahan dalam karsa, cipta, dan karya puisi, juga untuk melahirkan seniman (penyair) dengan talenta baru yang diharapkan dapat menjadi agent of change (agen perubahan), PT. Sinar Abdi Mukti Jaya selaku payung [Only registered and activated users can see links] bekerjasama dengan PT. Indosat, Tbk. menggelar LOMBA CIPTA PUISI INDOSAT. Total hadiah Rp50 Juta. Lomba akan dimulai tanggal 2 Januari 2010, dan pengiriman puisi disampaikan melalui [Only registered and activated users can see links]

1. A. Ketentuan Lomba
1. 1. Ketentuan Umum

Terbuka untuk umum.
Peserta harus mendaftar sebagai member [Only registered and activated users can see links]
Memiliki SIM card Indosat: Mentari atau IM3, nomornya dicantumkan dalam formulir lomba.
Nomor SIM card Indosat harus aktif selama mengikuti lomba. Panitia akan melakukan pengecekan.
Bila nomor SIM card Mentari atau IM3 yang didaftarkan tidak aktif, atau fiktif, maka peserta akan didiskualifikasi.
Mengisi formulir Lomba Cipta Puisi Indosat yang disediakan pada portal [Only registered and activated users can see links]


1. 2. Ketentuan Khusus

Puisi ditulis dalam bahasa Indonesia.
Tema bebas.
Karya sendiri. Bila suatu hari terbukti hasil plagiat, akan didiskualifikasi.
Belum pernah dipublikasikan di media apapun (cetak dan elektronik).
Belum pernah diikutsertakan dalam lomba apapun.


1. 3. Ketentuan Teknis
1. Teknis Umum

Lomba terdiri dari dua tahapan: Lomba Bulanan dan Lomba Triwulan (Grand Final).
Puisi yang telah didaftarkan, akan dipublikasikan pada database Rubrik Puisi. Nama penyairnya tidak dicantumkan.



1. Lomba Bulanan

Satu member situseni.com hanya berhak mengirimkan satu judul puisi pada Lomba Bulanan.
Tetapi pada Lomba Bulanan berikutnya, boleh mengikuti lomba kembali dengan mengirimkan puisi yang lain.
Penilaian puisi terbaik dilakukan oleh Dewan Juri dan member situseni.com.
Dewan Juri akan menilai semua puisi yang masuk, dan memilih dua puluh lima (25) judul Puisi sebagai Finalis Lomba Bulanan.
Dua puluh lima (25) judul puisi Finalis Lomba Bulanan akan ditayangkan pada halaman depan situseni.com.
Member situseni.com mem-voting puisi terbaik yang menjadi Finalis Lomba Bulanan.
Setiap member situseni.com hanya bisa melakukan satu kali voting.
Dewan Juri menghitung hasil voting, dan mempertimbangkan kelayakannya untuk menetapkan tiga (3) judul puisi sebagai Puisi Terbaik Lomba Bulanan.


1. Lomba Triwulan (Grand Final)

Lomba Triwulan diikuti oleh Puisi-puisi Terbaik Lomba Bulanan, atau sebanyak 3 judul puisi X 3 bulan = 9 judul puisi.
Ke-9 Judul puisi finalis Lomba Triwulan akan dinilai oleh Dewan Juri Khusus dan Member.
Pemenang Lomba Triwulan (Grand Final) adalah:



Satu (1) judul Puisi Terpopuler Indosat versi member situseni.com.
Tiga (3) judul Puisi Terbaik Indosat versi Dewan Juri Khusus.
Satu (1) judul Puisi Utama Indosat.


Keterangan:
Lomba Bulanan

Pengiriman puisi untuk Lomba Bulanan dibuka mulai tanggal 1 hingga akhir bulan, pukul 23.59 WIB, melalui formulir yang disedaiakan di [Only registered and activated users can see links]
Tanggal 1 – 10 bulan berikutnya, Dewan Juri menilai puisi-puisi yang masuk, dan memilih dua puluh lima (25) judul puisi terbaik sebagai Finalis Lomba Bulanan.
Pengumuman Dua puluh lima (25) judul puisi Finalis Lomba Bulanan disampaikan oleh Dewan Juri pada tanggal 10 pukul 22.00 WIB, dan ditayangkan di halaman depan situseni.com.
Member situseni.com mulai berhak menilai dan memberikan voting terhadap dua puluh lima (25) judul puisi Finalis Lomba Bulanan, sejak tanggal 11 pukul 00.01. WIB hingga tanggal 15 pukul 23.59 WIB.
Bila ada voting yang masuk setelah tanggal 15 pukul 23.59 WIB, dinyatakan gugur.
Dewan Juri menilai hasil voting member situseni.com pada tanggal 16 – 17, dan mengumumkan tiga puisi Puisi Terbaik Lomba Bulanan pada tanggal 18 pukul 22.00.
Hadiah Puisi Terbaik Lomba Bulanan disampaikan oleh panitia kepada pemenang via transfer elektrik (pulsa) dan rekening Bank (uang).


Lomba Triwulan (Grand Final)

Lomba Triwulan diselenggarakan setelah Lomba Bulanan selesai dilaksanakan selama tiga (3) bulan.
Peserta lomba mulai berhak memberikan voting terhadap sembilan (9) judul puisi finalis untuk memilih satu (1) judul Puisi Terpopuler Indosat. Voting oleh peserta lomba mulai dilakukan tanggal 20 April 2010 pukul 00.01 WIB hingga 30 April 2010 pukul 23.59 WIB.
Bila ada voting setelah tanggal tersebut, maka dinyatakan gugur.
Dewan Juri Khusus melakukan penilaian terhadap sembilan (9) judul puisi untuk kemudian memilih tiga (3) judul sebagai Puisi Terbaik Indosat, dan satu (1) judul Puisi Utama Indosat, dilakukan tanggal 20 hingga akhir bulan.
Pengumuman Satu (1) judul Puisi Terpopuler Indosat, Tiga (3) judul Puisi Terbaik Indosat, serta satu (1) judul Puisi Utama Indiosat disampaikan oleh Dewan Juri pada tanggal 1 Mei, pukul 22.00 WIB, dan akan ditayangkan di halaman depan situseni.com
Hadiah Lomba Triwulan (grand final) diberikan dalam sebuah acara khusus yang dihadiri oleh para pemenang, Dewan Juri, pihak Indosat, dan pihak [Only registered and activated users can see links]


1. B. Dewan Juri

Dewan Juri untuk Lomba Bulanan, adalah orang-orang yang kompeten dalam bidang perpuisian dan kebahasaan.
Dewan Juri Lomba Triwulan (Grand Final) adalah Dewan Juri Khusus yang terdiri dari Dewan Juri Lomba Bulanan ditambah dua orang yang berasal dari pakar sastra atau aktivis perpuisian.


1. C. Aspek Penilaian oleh Dewan Juri

Kedalaman dalam penggarapan tema, amanat, bunyi, suasana, imajinasi, emosi, dan gaya bahasa.
Kekentalan dalam sublimasi dan simbolisasi.



1. D. Hadiah

Dua puluh lima (25) Puisi Finalis Lomba Bulanan, masing-masing memperoleh hadiah voucher Indosat Rp150.000.
Tiga (3) judul Puisi Terbaik Indosat dalam Lomba Bulanan, masing-masing memperoleh hadiah voucher Indosat Rp250.000 + uang Rp1.000.000.
Tiga (3) judul Puisi Terbaik Indosat dalam Lomba Triwulan pilihan Dewan Juri, masing-masing memperoleh hadiah voucher Indosat Rp500.000 + uang Rp1.500.000.
Satu (1) judul Puisi Terpopuler Indosat pilihan member dalam Lomba Triwulan, memperoleh hadiah voucher Indosat Rp500.000 + uang Rp 1.500.000.
Satu (1) puisi peraih Puisi Utama Indosat dalam Lomba Triwulan, memperoleh voucher Indosat Rp1.500.000 + uang tunai Rp15.000.000.
Hadiah hiburan Lomba Bulanan diberikan kepada peserta yang ikut melakukan voting untuk Lomba Bulanan. Nomor SIM Card peserta akan diundi, dan diambil 5 pemenang, masing-masing memperoleh voucher Indosat Rp100.000.
Hadiah hiburan Lomba Triwulan diberikan kepada peserta yang ikut melakukan voting untuk Lomba Triwulan. Nomor SIM Card peserta akan diundi, dan diambil 6 pemenang, masing-masing memperoleh voucher Indosat Rp250.000.


Keterangan Tambahan:

Puisi-puisi finalis pada setiap Lomba Bulanan (total 75 judul puisi), akan dibukukan oleh [Only registered and activated users can see links] dan para penulisnya (penyair), berhak memperoleh royalti sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam royalti perbukuan.
Launching buku akan dilangsungkan bersamaan dengan penyerahan hadiah bagi pemenang Puisi Utama Indosat.
Informasi terbaru yang berkait dengan Lomba Cipta Puisi Indosat ini, akan disampaikan melalui [Only registered and activated users can see links]

piezza
30 December 2009, 17:43
thanks etca buat infonya...:)

etca
05 January 2010, 08:27
Antologi Puisi "Brawijaya Berkata"

Panitia Dies Natalis UB tengah mengumpulkan karya-karya puisi dari civitas akademika yang akan dimuat dalam sebuah antologi puisi "Brawijaya Berkata". Kegiatan ini selain dilaksanakan dalam rangka Dies Natalis UB yang ke-47 juga untuk meningkatkan apresiasi terhadap seni dan budaya.

Antologi puisi melibatkan seluruh komponen akademisi di UB sebagai penulisnya yang meliputi unsur pimpinan universitas/fakultas, lembaga, dosen, karyawan, mahasiswa dan alumni. Menurut panitia, puisi dapat ditulis tangan atau diketik dan harus ditandatangani penulis. Bahasa yang dipergunakan juga fleksibel, bisa bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Jawa, atau bahasa lainnya.

[Only registered and activated users can see links]

etca
23 January 2010, 13:28
Diskusi 5 Buku Puisi Afrizal Malna

Date: Saturday, January 23, 2010
Time: 7:00pm - 10:00pm
Location: Galeri Surabaya - Balai Pemuda

Description
Diskusi 5 buku puisi Afrizal Malna di Galeri Surabaya (Balai Pemuda).
Hari Sabtu, 23 Januari 2010, pukul 19.00 s/d 22.00.

Pembicara Kharis L Junandharu, Akhudiat, dan Afrizal Malna.
Acara gratis. Justru akan diberi Majalah Kidung edisi terbaru.

Acara ini diselenggarakan Dewan Kesenian Jawa Timur bekerjasama dengan Dewan Kesenian Surabaya.

Terima kasih.

etca
26 January 2010, 09:01
LOMBA KARYA TULIS


SALAM PERSAHABATAN
Kami panitia lomba Karya Tulis Tingkat Nasional
mohon dukungan dan partisipasinya untuk diinformasikan ke semua anggota, trimakasih

LOMBA KARYA TULIS TINGKAT NASIONAL
KRITERIA LOMBA KARYA TULIS
- Lomba penulisan Puisi.
- Lomba penulisan cerpen.
- Lomba karya tulis lingkungan hidup.
-... Lomba karya tulis Anti penggunaan Narkoba.
- Lomba karya tulis pariwisata dan budaya.
- Lomba karya tulis kesehatan masyarakat.
- Lomba slogan / jargon dan karikatur anti madat dan anti narkoba.
- Lomba karya tulis pendidikan. ( Tema khusus )

TEMA LOMBA
- Untuk Puisi & Cerpen temanya bebas.
- Untuk Karya Tulis Lingkungan Hidup tema bebas.
- Untuk Karya Tulis Anti Penggunaan Narkoba temanya bebas.
- Untuk Karya Tulis Pariwisata dan Budaya temanya bebas.
- Untuk Karya Tulis Kesehatan Masyarakat temanya bebas.
- Untuk Slogan/ jargon dan karikatur anti madat dan anti narkoba tema bebas.

- Khusus Untuk Tema karya tulis pendidikan, utusan peserta mahasiswa :
• Peran serta mahasiswa dalam pendidikan Nasional.
• Pemuda generasi penerus bangsa dalam mengisi pembangunan.
• Kehidupan sosial mahasiswa dalam dunia kampus.

- Khusus Untuk karya tulis pendidikan peserta pelajar dengan tema :
• Pendidikan nasional.
• peran serta pelajar dalam mengisi pembangunan.
• Pelajar berkarya dan berprestasi.

SYARAT PESERTA LOMBA :
• Usia 12 – 18 tahun ( kelompok remaja / pelajar )
• Usia 17 – 28 tahun ( kelompok mahasiswa )
• Untuk peserta Guru & Umum Usia tidak terbatas
• Mengisi formulir pendaftaran
• Melampirkan foto ukuran 4 x 6 satu lembar
• Menyertakan hasil karya tulis sesuai kriteria lomba yang di ikuti
• Setiap kriteria lomba dengan satu pendaftaran / satu regristrasi peserta,

jika mengikuti lebih dari satu kriteria lomba, diwajibkan mendaftarkan kembali sesuai dengan jenis lomba yang diikuti sesuai pendaftran.
BIAYA PENDAFTARAN
- Tingkat SMP : Rp. 20.000,-/ orang
- Tingkat SMA : Rp. 25.000,- / orang
- Tingkat PT : Rp. 30.000,-/orang
- Untuk Umum : Rp. 30.000
- Kelompok (max 2 org) Pelajar : Rp. 40.000,-
- Kelompok (max 2 org) PT : Rp. 50.000,-
- Kelompok (max 2 org) Umum : Rp. 50.000,-
- Tingkat Guru : Rp. Rp. 50.000,-/ Orang

CARA PENDAFTARAN DAN KETENTUAN TAMBAHAN.
• Seluruh berkas karya tulis dari setiap peserta lomba sudah harus masuk ke sekretariat panitia sesuai batas waktu yang telah ditentukan (Tgl. 27 Maret 2010).
• Bagi peserta yang mewakili sekolah, dapat memasukkan seluruh hasil karya tulisannya secara kolektif melalui tempat pendaftaran yang telah ditentukan, atau dapat mengirimkan langsung ke alamat sekretariat panitia lomba.
• Atau langsung melalui situs : [Only registered and activated users can see links]

KETENTUAN PENULISAN
• Hasil karya tulis minimal 2000 kata.
• Dengan 1. ½ spasi.
• Bentuk huruf tulisan bebas, ukuran 12, dan margin sesuai standar 3, 3, - 4, 4, ( Kertas A4 )
• Untuk karya tulis puisi dan cerpen tanpa syarat, (penulisan bebas sesuai ide dari penulis)
• Hasil karya dapat dijilid dan dikirimkan ke alamat panitia lomba.
[Only registered and activated users can see links]
• Pendaftaran dapat dilakukan secara online, dan bukti transfer dan foto disertakan dengan cara mengupload saat pendaftaran di menu regristrasi.

HADIAH
- Tropi Mendiknas
- Tropi Menkes
- Tropi Sponsor
- Total hadiah Rp. 500.000.000,-

Alamat sekretariat Panitia lomba :
PT.aja vision international Network.
Jl. Prof.Ir.Johanes ( SAGAN ) GK V / 1062, Kav. A Utara galeria Mall, Yogyakarta.
[Only registered and activated users can see links]
• Hp. 0819839421, 081392999621, 085747969706, 0274-9300824, 088802879626, 08812771638.

Rekening BANK Panitia ;
Atas nama Ir. Tri Harwono,MT.
Bank BCA : 4564857655. Bank MANDIRI: 1370005093444. Bank BNI:0168061665.
Bank BRI:0029-01-086485-50-1. Bank BPD: 040211002177.
Pendaftaran Secara On Line
Klik di sini : [Only registered and activated users can see links]

etca
22 February 2010, 13:26
Lomba Resensi Novel Berhadiah Cincin Emas


Kesempatan terbuka bagi SIAPAPUN.
Berlaku untuk resensi yang sudah maupun belum pernah dipublikasikan.


[Only registered and activated users can see links] ([Only registered and activated users can see links])


Caranya:


Buatlah resensi dari novel berjudul “Kilau Satu Bintang” (karya Teera) DAN/ATAU “Soleidrama” (karya Hadi Ismanto) yang diterbitkan oleh Frenari.
Info kedua novel tersebut ada di [Only registered and activated users can see links] ([Only registered and activated users can see links])

Resensi ditulis dalam Bahasa Indonesia
Panjang tulisan: 1/2 s.d. 1 halaman A4, spasi 1,5 (batas atas-bawah dan kiri-kanan 3 cm)


Kirim ke <penerbit at frenari.com> dengan subjek e-mail: Lomba Resensi
Lampirkan nota pembelian novel tersebut (bisa di-scan atau dipotret menggunakan kamera/HP) untuk tanggal pembelian mulai 1 Februari 2010.
Sertakan data diri (nama, alamat, nomor HP, alamat FB, YM, blog/web).


Paling lambat: 30 April 2010
Pengumuman: 31 Mei 2010 di [Only registered and activated users can see links] ([Only registered and activated users can see links])
Hadiah:


Satu orang pemenang akan mendapatkan sebuah cincin emas.
Dua orang pemenang akan mendapatkan masing-masing sebuah paket buku.
Semua peserta akan mendapatkan tambahan diskon 10 % untuk pembelian buku terbitan Frenari yang dijual secara online. Berlaku 1 Juni 2010 s.d. 17 Agustus 2010.

Selamat bergabung, semua menjadi pemenang! Semangat!
*) Segala pertanyaan harap disampaikan melalui e-mail:
<penerbit at frenari.com> dengan subjek e-mail: Tanya Lomba Resensi


sumber ([Only registered and activated users can see links])

etca
22 February 2010, 13:31
Lomba Jurnalistik LKBN ANTARA - Danone Aqua ([Only registered and activated users can see links])

Tenggat: 31 Agustus 2010
Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA dan Danone-Aqua menggelar lomba karya tulis jurnalistik bagi seluruh wartawan, kontributor dan koresponden resmi dari berbagai media di Indonesia.

Tema: "Air Adalah Kebaikan Alam dan Manfaatnya Bagi Kesehatan".

Tujuan lomba juga memberikan edukasi publik mengenai karakteristik air minum yang terbaik dan memotivasi masyarakat agar aktif berperan serta menjaga ketersediaan air.
Direktur Komunikasi Perusahaan Danone Troy Pantau mengemukakan, kerjasama lomba karya jurnalistik tidak mengharuskan wartawan mencantumkan nama Danone, meski pihaknya menyediakan beragam data untuk memperkuat tulisan yang akan dibuat.
Sementara itu, tema lomba dapat dikembangkan oleh peserta diantaranya menjadi


karakteristik sumber air minum dan bagaimana memilih air minum yang baik
teknologi untuk menjaga ketahanan air
dampak perubahan siklus hidrologi terhadap kualitas dan kuantitas air
peran air mengatasi obesitas anak-anak
dan lain sebagainya.

Wakil Pemimpin Redaksi ANTARA Akhmad Kusaeni menambahkan lomba ini adalah kesamaan komitmen Perum LKBN ANTARA dan Danone untuk peduli terhadap hal-hal yang menyangkut kepentingan publik.
"Pengelolaan dan pemanfaatan serta perlindungan sumber daya air merupakan persoalan publik," katanya sambil mengutip Pasal 33 ayat (3) UUD 1945 yang menyebutkan bahwa bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.
Ia juga menyebutkan bahwa lomba tersebut dibuat untuk mendukung profesi jurnalistik agar mampu menghasilkan mahakarya dan membangun kepedulian akan kepentingan publik.


"Semakin banyak penghargaan yang diberikan untuk wartawan, maka akan semakin baik pula pengakuan akan profesi jurnalis di tanah air," katanya.

Periode lomba akan dibuka sejak Januari 2010 hingga 31 Agustus 2010 dan pemenang akan diumumkan pada akhir September 2010.
Dewan juri nantinya akan terdiri dari:


wakil LKBN ANTARA
ahli hidrogeologi/hidrologi
ahli gizi.

Peserta yang ingin mengikuti lomba bebas membuat tulisan dalam berbagai bentuk yakni


pemberitaan
artikel
hasil wawancara
dan lain sebagainya.

Peserta lomba juga wajib mengirimkan pemberitaan yang telah dimuat di media bersangkutan ke panitia yakni
Cognito Communications Counsellors
Jalan Cisanggiri V/6, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan
Sumber: Situs Antara ([Only registered and activated users can see links] F1263376685&i=0&c=dfae154847ad7e82f49d3a73c487154b5cc49e0f)

etca
26 February 2010, 11:53
Program Maret 2010
RABU, FEBRUARI 17 , 2010
[Only registered and activated users can see links]

PROGRAM SALIHARA
Maret 2010

Sabtu, 6, 13, 20, 27 Maret 2010; 16:00 WIB
Forum Menyimak Musik Klasik hingga Kontemporer (FM KlaKon)
Fasilitator: Suka Hardjana
[Only registered and activated users can see links]

Minggu, 7 Maret 2010, 16:00 & 19:00 WIB
Panggung Musikal OJAI (Opera Jelajah Anak Indonesia)
KISAH BATU BELAH BETANGKUP
Sutradara: Tom Ibnur
Teater Salihara
HTM Rp 50.000
Mahasiswa Rp 25.000

Rabu, 10 Maret 2010, 19:00 WIB
Diskusi MASA DEPAN PEMIKIRAN KIRI DI INDONESIA
Pembicara/ Speakers: Franz Magnis-Suseno dan Hilmar Farid
Serambi Salihara
Terbuka untuk Umum & Gratis

Rabu, 24 Maret 2010, 20:00 WIB
Konser Musik Indie
MELANCHOLIC BITCH dan RISKY SUMMERBEE & THE HONEYTHIEF
Teater Salihara
HTM Rp 30.000
Mahasiswa Rp 15.000

Kamis, 25 Maret 2010, 20:00 WIB
FORUM SASTRA INDONESIA HARI INI: JAWA BARAT
(Mona Sylviana, Nazaruddin Azhar, Fina Sato, Toni Lesmana, Dian Hartati, Ahmad Faisal Imron)
Kurator Tamu & Pembicara/ Guest Curator & Speaker: Hawe Setiawan
Teater Salihara
Terbuka untuk Umum & Gratis

Jumat, 26 Maret 2010
70 TAHUN SAPARDI DJOKO DAMONO
Teater Salihara
Terbuka untuk Umum & Gratis

16:00 WIB
Kuliah Umum tentang Puisi Sapardi Djoko Damono
Pembicara: Nirwan Dewanto

19:30 WIB
-Baca Puisi dan Prosa Sapardi Djoko Damono
Oleh/By: Happy Salma, Niniek L Karim, Sitok Srengenge
-Musikalisasi Puisi Sapardi Djoko Damono
Koor Paragita UI

Sabtu, 27 Maret 2010, 20:00 WIB
Resital Piano ADHI JACINTH
Debussy, Bartok, Messiaen, Carter, Prabowo
Teater Salihara
HTM Rp 50.000
Mahasiswa Rp 25.000

SINOPSIS

Sabtu, 6, 13, 20, 27 Maret 2010; 16:00 WIB
Forum Menyimak Musik Klasik hingga Kontemporer (FM KlaKon)
Fasilitator: Suka Hardjana
Serambi Salihara
[Only registered and activated users can see links]

Sabtu, 6 Maret 2010
Prolog: Tentang Musik dan Bunyi + Musik Barok

Sabtu, 13 Maret 2010
Beethoven di Antara Dua Logos: Musik Klasik & Romantik + Impresionisme

Sabtu, 20 Maret 2010
Bartok, Stravinsky dan Parameter Waktu Baru: Musik Abad Ke-20

Sabtu, 27 Maret 2010
Epilog: Tentang Dua Prabowo (Adrian dan Tony)

Banyak orang gemar mendengarkan musik klasik Barat—kadang tanpa latar pengetahuan tentang bagaimana karya musik itu diciptakan dan di mana letaknya dalam khazanah musik klasik dari zaman ke zaman. Ini tentu baik-baik saja. Namun, pengalaman mendengarkan musik niscaya akan makin kaya makna jika kita mengenal lebih dalam hal-ihwal mengenai khazanah musik maupun menyangkut karya itu sendiri. Bulan Maret ini (setiap Sabtu sore) ahli musik klasik Suka Hardjana akan mengajak kita bertamasya menikmati musik klasik hingga kontemporer sambil menyimak bagaimana unsur-unsur musikal (irama, melodi, harmoni, warna nada, dst) terangkai menjadi pelbagai bentuk musik (simfoni, konserto, sonata, fuga, dll) yang kompleks dan indah. Setiap acara akan disertai sesi mendengarkan komposisi musik yang dibahas atau dijadikan ilustrasi. Dengan mengikuti rangkaian Forum Menyimak Musik Klasik hingga Kontemporer (FM KlaKon) kita bisa memperluas wawasan tentang musik klasik hingga kontemporer dan sekaligus memperoleh pengetahuan langsung dari tangan pertama tentang bagaimana mendengarkan musik secara lebih cerdas dan mendalam.

Suka Hardjana (Yogyakarta, 1940) alumnus Akademi Musik Detmold (1969) dan pernah menjadi dosen di Konservatorium der Freien Hansestadt, Bremen (1969-1971)—keduanya di Jerman. Pulang ke Indonesia menjadi dirigen Ensemble Jakarta (1972) dan dosen di IKJ hingga menjadi Pembantu Rektor II (1980-1984). Karya tulis dia dalam bidang musik Corat-coret Musik Kontemporer Dulu dan Kini (Ford Foundation & MSPI, 2003) dan Musik Antara Kritik dan Apresiasi (Buku Kompas, 2004)

Program ini disponsori oleh Hivos

Minggu, 7 Maret 2010, 16:00 & 19:00 WIB
Panggung Musikal OJAI (Opera Jelajah Anak Indonesia)
KISAH BATU BELAH BETANGKUP
Sutradara: Tom Ibnur
Teater Salihara

Panggung musikal Batu Belah Betangkup ini berangkat dari sebuah dongeng rakyat dari Bengkalis, Riau, yang berkisah tentang dua orang anak yang melanggar perintah ibunya dan melarikan diri ke hutan, dan di sana “ditelan” alam—hingga akhirnya sang ibu mencari dan hendak membawa mereka pulang. Pertunjukan terdiri atas dongeng berpantun (yang dibawakan oleh Tom Ibnur), tari dan musik Melayu (senandung, mak inang, joged, zapin), serta aneka permainan anak tradisional Melayu (kulik-kulik elang, tam-tam buku, sapu-sapu rangik, cak-cak mimin). Diperankan para pemain berusia antara 5-18 tahun, pertunjukan ini ditujukan untuk khalayak usia kanak hingga dewasa. Tim kreatif pertunjukan yang disutradarai oleh Tom Ibnur ini antara lain: Didin Siroz (penulis skenario), Armen Suwandi (penata musik), Sugeng Yea (penata panggung), dan Iskandar Loedin (penata cahaya).

Rabu, 10 Maret 2010, 19:00 WIB
Diskusi MASA DEPAN PEMIKIRAN KIRI DI INDONESIA
Pembicara: Franz Magnis-Suseno dan Hilmar Farid
Serambi Salihara
Terbuka untuk Umum & Gratis

Bagaimanakah gerangan kehidupan pemikiran Kiri sekarang dan prospeknya di masa depan? Apakah “menjadi Kiri” di zaman ini adalah semacam anakronisme? Memang, Kiri tetap menawarkan kritik tajam selaku pemikiran anti-kemapanan. Namun persaingan antar-sistem politik dan ekonomi tampak menunjukkan kemenangan kubu lawan mereka. Demokrasi telah diterima oleh mayoritas negara di dunia yang sangat tergantung pada “selera” pasar. Dan tak sedikit pula para pendaku Kiri yang telah berlaku “borjuis” dalam gaya hidup serta harus beradaptasi dengan sistem-dunia kapitalis. Kita pun perlu bertanya lagi: benarkah pengaruh pemikiran Kiri kini hanya beredar di kalangan terbatas—akademia, gerakan elit, atau mereka yang berusaha menawarkan pemikiran alternatif di tengah dominasi kapitalisme? Ikuti diskusinya bersama mahaguru filsafat Franz Magnis-Suseno dan sejarawan Hilmar Farid.
Program ini disponsori oleh Hivos

Rabu, 24 Maret 2010, 20:00 WIB
Konser Musik Indie
MELANCHOLIC BITCH dan RISKY SUMMERBEE & THE HONEYTHIEF
Teater Salihara

Risky Summerbee & The Honeythief berdiri pada tahun 2007. Eksperimentasi mereka sering kali tidak lagi terbatas pada wilayah musik, tetapi memasuki ranah seni pertunjukan dan seni visual. Pada tahun 2008 kelompok ini menggarap musik untuk pertunjukan Slamet Gundono Memoirs of Gandari dan pementasan Teater Garasi, Je.ja.l.an. Tahun berikutnya mereka berkolaborasi dengan RuangRupa dalam eksposisi musik dan visual bertajuk I Walk The Urban Streets. Februari 2009 Risky Summerbee & The Honeythief merilis album The Place I Wanna Go (Dialectic Recordings) yang menjadi perbincangan hangat di kalangan musik indie nasional.

Sementara, band Melancholic Bitch agaknya sudah seperti hantu: banyak yang merasa pernah melihat atau mendengar mereka, namun ada pula yang berdebat apakah mereka pernah benar-benar ada. Sepuluh tahun sejak penampilan pertama mereka di festival musik Selamat Pagi Indonesia, mereka seakan ada di mana-mana, mulai dari acara kampus sampai festival semacam Parkinsound (2000-2004). Kolaborasi dengan Teater Garasi, Waktu Batu#3 Deus Ex Machina, membawa mereka ke festival seni pertunjukan Art Summit (Jakarta, 2004), Insomnia48 (Singapura, 2004), dan festival Intransit di House of World Culture (Berlin, 2005). Di bawah forum Dialectic Recordings, bulan November 2009 Melancholic Bitch merilis album Balada Joni dan Susi, yang menurut majalah Rolling Stone Indonesia merupakan salah satu album terbaik 2009.

Kamis, 25 Maret 2010, 20:00 WIB
FORUM SASTRA INDONESIA HARI INI: JAWA BARAT
(Mona Sylviana, Nazaruddin Azhar, Fina Sato, Toni Lesmana, Dian Hartati, Ahmad Faisal Imron)
Kurator Tamu & Pembicara: Hawe Setiawan
Teater Salihara
Terbuka untuk Umum & Gratis

Puisi dan prosa yang ditulis dalam bahasa Indonesia hari ini terus bermunculan dari banyak daerah dan beredar lewat jalur-jalur yang kian beragam. Koran, majalah, antologi bersama, hingga situs sastra maupun blog pribadi di internet—semua media tersebut menampung karya-karya para sastrawan yang bermukim di berbagai wilayah (kadang pelosok) di seantero Nusantara. Seperti apa karya mereka? Adakah kecenderungan-kecenderungan khusus pada karya-karya yang datang dari berbagai penjuru itu? Di tahun 2010 ini Komunitas Salihara berniat menggelar Seri Forum Sastra Indonesia Hari Ini, berupa pembacaan karya para sastrawan dari pelbagai provinsi di Indonesia. Kami telah mengundang sejumlah pengamat dan pelaku sastra yang kami anggap mengenal dengan baik lingkungan sastra di wilayah masing-masing sebagai kurator tamu: memilih beberapa sastrawan untuk membacakan karya mereka di Komunitas Salihara, dan mengulas karya-karya mereka. Sebagai pembuka rangkaian Forum Sastra Indonesia Hari Ini, akan tampil enam sastrawan muda dari tanah Priangan: Mona Sylviana (Sumedang), Nazaruddin Azhar (Tasikmalaya), Fina Sato (Subang), Toni Lesmana (Ciamis), Dian Hartati (Bandung), dan Ahmad Faisal Imron (Bandung)—pilihan kurator tamu Hawe Setiawan, esais dan pemimpin redaksi majalah Sunda Cupumanik.

Jumat, 26 Maret 2010
70 TAHUN SAPARDI DJOKO DAMONO
Teater Salihara
Terbuka untuk Umum & Gratis

16:00 WIB
Kuliah Umum tentang Puisi Sapardi Djoko Damono
Pembicara: Nirwan Dewanto

19:30 WIB
-Baca Puisi dan Prosa Sapardi Djoko Damono
Oleh: Happy Salma, Niniek L Karim, Sitok Srengenge
-Musikalisasi Puisi Sapardi Djoko Damono
Koor Paragita UI


Sapardi Djoko Damono (lahir di Solo, Jawa Tengah, 20 Maret 1940) tak ayal lagi adalah salah seorang penyair terbaik Indonesia. Dengan karir yang panjang sebagai penyair, penerjemah, redaktur, dan pengajar sastra, Sapardi telah melahirkan banyak karya, murid, maupun peniru yang tersebar di pelbagai penjuru. Sajak-sajaknya, yang tampak sederhana dan jernih namun menyembunyikan kedalaman tak terduga, telah menjadi suara tersendiri dan memberi corak baru dalam khazanah puisi Indonesia. Tak kurang, sajak-sajak itu pun telah merasuk ke banyak ceruk kehidupan sehari-hari—muncul sebagai lirik lagu, terkutip di kalender meja, bahkan tertera di undangan perkawinan. Menyambut usia 70 tahun Sapardi Djoko Damono (SDD), Komunitas Salihara menyelenggarakan sebuah rangkaian acara yang terdiri atas kuliah umum tentang puisi SDD (oleh Nirwan Dewanto), disambung dengan pembacaan puisi dan prosa sang sastrawan (oleh Sitok Srengenge, Niniek L Karim, dan Happy Salma), serta musikalisasi puisi SDD oleh Koor Paragita Universitas Indonesia.


Sabtu, 27 Maret 2010, 20:00 WIB
Resital Piano ADHI JACINTH
Debussy, Bartok, Messiaen, Carter, Prabowo
Teater Salihara

Adhi Jacinth lahir tahun 1985. Di usia 12 tahun ia mulai belajar piano. Pada usianya yang ke-17 ia diterima di Musikhochschule Freiburg, di mana ia mengenyam pelajaran piano dari Hansjörg Koch dan Prof Chen Pi-hsien. Pada tahun 2007 Adhi berhasil meraih Diplom-Musiklehrer (diploma guru musik) dengan nilai sangat baik. Metode pengajaran piano dipelajarinya secara mendalam dari Prof Christoph Sischka dan Prof Anselm Ernst. Setelah itu Adhi berguru kepada Prof Nicolas Hodges di Musikhochschule Stuttgart , di mana ia berhasil meraih Diplom-Künstlerische Ausbildung (diploma seniman pertunjukan) dengan nilai sangat baik. Selama studinya Adhi banyak terlibat dalam konser-konser musik kontemporer yang menampilkan antara lain karya Messiaen, Stockhausen, Cage, Carter, Ligeti, dan Tsangaris. Adhi juga berpengalaman bermain piano dan harpsichord dalam orkestra, di antaranya di bawah pimpinan Klaus Simon, Andre de Quadros, Avip Priatna, dan Christoph Löser. Dalam resitalnya di Teater Salihara kali ini ia akan membawakan antara lain karya Debussy, Bartok, Messiaen, Carter, dan Tony Prabowo.


Program Komunitas
Forum Filsafat Salihara
Jumat, 19 Maret 2010, 16:00 WIB
Filsafat Sejarah Georg Lukacs
Pembicara: Mohamad Soleh
Serambi Salihara
Terbuka untuk Umum & Gratis

[Only registered and activated users can see links]



[Only registered and activated users can see links]

sumber ([Only registered and activated users can see links])

manohara
13 March 2010, 20:44
[Only registered and activated users can see links]

AGENDA PAMERAN TEMPORER GALERI NASIONAL INDONESIA 2010

GEDUNG A

20 - 29 Januari

Pameran Seni Fotografi Seniman Saudi Arabia

Kerjasama : Kedubes Saudi Arabia untuk Indonesia



21 - 28 Februari

Pameran Seni Visual, The Second God:"Everybody is an artist"

Kurator : Bambang Asrini, Ilham Khoiri, Seno

Kerjasama : Jakarta Art Movement



18 - 28 Maret

Pameran Seni Komik " The Comical Brothers"

Kurator : Bambang 'Toko'

Kerjasama : Andi's Gallery



6 – 18 April

Pameran Tunggal Hanafi "Saat Usia Lima Puluh"

Kurator: Jean Couteau & Jim Supangkat

Kerjasama : Komaneka Fine Art Gallery



27 April – 14 Mei

Pameran Seni Serat "Futurotextiles"

Kurator : Inda C. Noerhadi

Kerjasama : Centre Culturel Francais (CCF)



18 -31 Mei

Pameran Besar Seni Rupa, 102 Kebangkitan Nasional "Percakapan Masa"

Kurator : Rizki A. Zaelani



17 - 27 Juni

Pameran Indonesia Art Awards

Kurator : Jim Supangkat, Suwarno Wisetrotomo,

Kuss Indarto,Rizki A. Zaelani,Asmujo J. Irianto

Kerjasama : YSRI



30 Juni - 9 Juli

Pameran Seni Rupa "No Direction Home"

Kurator : Aminuddin T. Siregar

Kerjasama : Edwin's Gallery



13 - 20 Juli

Pameran Seni Visual "Reality Effects"

Kurator : Asmujo Irianto, Rizki A. Zaelani

Kerjasama : SIGIarts Gallery



23 Juli - 1 Agustus

Pameran Seni Rupa Anak Berprestasi

Kurator : Kuss Indarto, Inda C. Noerhadi



4 - 15 Agustus

Pameran Lukisan Karya Walter Van Oel

Kurator : Afrizal Malna

Kerjasama : O House Gallery



19 - 29 Agustus

Pameran Lukisan Karya Mangu Putra "Space Withuot End"

Kurator : Jim Supangkat

Kerjasama : Vanessa Art Link



1 - 19 September

Pameran Seni Rupa karya Chusin Setiadikara

Kurator : Jim Supangkat

Kerjasama : CP Foundation



23 September - 2 Oktober

Pameran Seni Rupa "TRAMENDUM"

Kurator : Tommy F. Awuy

Kerjasama : Philo Art Space



6 - 16 Oktober

Pameran Seni Tampak Yosof Ghani

Kerjasama : Kedubes Malaysia untuk Indonesia



21 - 31 Oktober

Pameran Seni Visual karya Entang Wiharso

Kurator : Jim Supangkat

Kerjasama : Canna Gallery



4 - 14 November

Pameran Tunggal Lukisan karya Abbas Alibasyah

Kurator : Agus Dermawan T.

Kerjasama : Agung Rai Museum of Arts (ARMA)



18 - 28 November

Pameran Tunggal Seni Visual karya Handiwirman S.

Kurator : Enin Supriyanto, Agung Hujatnikajenong

Kerjasama : Nadi Gallery



1 - 12 Desember

Pameran Seni Rupa "Ethnicty in Contemporary Art"

Kurator :Jim Supangkat

Kerjasama : Garis Art Space



15 - 26 Desember

Pameran "The 2nd Jakarta International Photo Summit"

Kurator : Oscar Motuloh, Rizki A. Zaelani



28 Des 2010 – 9 Januari 2011

Pameran "Ruangrupa _10 tahun"

Kurator : Agung Hujatnikajenong

Kerjasama : Ruangrupa



GEDUNG B



30 Januari - 10 Februari 2010

Pameran "Sybfades Actives L'art Dang L' espace Urban"

Kerjasama : Culture Centre Francais (CCF)



21 Februari - 28 Maret

Pameran Seni Visual " The Second God"

Kurator : Bambang Asrini, Ilham Khoiri, Seno

Kerjasama : Jakarta Art Movement



9 - 28 Maret

Pameran Foto Mexico - Indonesia :"Woman Crossing Sight"

Kerjasama : KEDUBES Mexico untuk Indonesia



20 - 30 April

Pameran Seni Grafis "Tinta Terlarang"

Kurator : Ade Darmawan

Kerjasama : Institut Kesenian Jakarta (IKJ)



18 -31 Mei

Pameran Besar Seni Rupa Indonesia "Percakapan Masa"

Kurator : Rizki A. Zaelani



4 - 24 Juni

Pameran Seni Grafis Italia

Kurator : Achile Bonito Olivera, Rizki A. Zaelani

Kerjasama : Pusat Kebudayaan Italia



8 - 18 Juli

Pameran Seni Lukis Cat Air "AquarEvolution"

Karya Agus Budiyanto

Kurator : Eddy Sutriono & Rizki A. Zaelani

Kerjasama : AB Aquarelle Studio



23 Juli - 1 Agustus

Pameran Seni Rupa Anak Berprestasi

Kurator : Kuss Indarto, Inda C. Noerhadi



6 - 22 Agustus

Pameran Seni Rupa Crossing and Blurring the Boundaries :

Medium in Contemporary Art

Kurator : Asmujo J. Irianto, A . Anzieb

Kerjasama : Andi's Gallery



21 September - 3 Oktober

Pameran Lukisan "Jagonya Jagoan" karya Sulistyo

Kerjasama : Sulistyo Management



8 - 17 Oktober

Pameran Lukisan "From Zero to Zero" karya Andi Suandi

Kurator : Chandra Johan

Kerjasama : Deeptone



26 Oktober- 7 November

Pameran Lukisan NGK Ardana

Kurator : Jim Supangkat

Kerjasama : Semarang Gallery



11 - 21 November

Pameran Lukisan Nyoman Sujana Kenyem

Kurator : Eddy Soetriyono

Kerjasama : Fantastic Art Gallery



25 November- 5 Desember

Pameran "Annubis Instinct" karya Suraji

Kurator : Mikke Susanto

Kerjasama : Canna Gallery



28 Des 2010 – 9 Januari 2011

Pameran "Ruangrupa _10 tahun"

Kurator : Agung Hujatnikajenong

Kerjasama : Ruangrupa



GEDUNG C



14-28 Februari

Pameran "Penganugerahan Pewarta Foto Indonesia"

Kurator : Oscar Motuloh

Kerjasama : Pewarta Foto Indonesia



18 -31 Mei

Pameran Besar Seni Rupa Indonesia "Percakapan Masa"

Kurator : Rizki A. Zaelani



4 - 24 Juni

Pameran Seni Grafis Italia

Kurator : Achile Bonito Olivera, Rizki A. Zaelani

Kerjasama : Pusat Kebudayaan Italia



8 - 18 Juli

Pameran Seni Lukis Cat Air "AquarEvolution"

Karya Agus Budiyanto

Kurator : Eddy Sutriono & Rizki A. Zaelani

Kerjasama : AB Aquarelle Studio



23 Juli - 1 Agustus

Pameran Seni Rupa Anak Berprestasi

Kurator : Kuss Indarto, Inda C. Noerhadi



6 - 22 Agustus

Pameran Seni Rupa Crossing and Blurring the Boundaries :

Medium in Contemporary Art

Kurator : Asmujo J. Irianto, A . Anzieb

Kerjasama : Andi's Gallery



28 September- 12 Oktober

Pameran Seni Visual Spanyol

Kerjasama: Kedubes Spanyol



14 - 24 Oktober

Pameran Lukisan dan Kaligrafi karya Luo Qi

Kerjasama : Kedubes Republik Rakyat China

(Proses)



28 Oktober- 7 November

Pameran Lukisan karya Ugy Sugiarto

Kurator :

Kerjasama : Galeri Mon Decor (Proses)



16 - 28 November

Pameran Karya Iriantine Karnaya dan Gunawan Widjaja

(Proses)



28 Des 2010 – 9 Januari 2011

Pameran "Ruangrupa _10 tahun"

Kurator : Agung Hujatnikajenong

Kerjasama : Ruangrupa

NOTE : tanggal2 yang mano tebelin, itu berarti pameran sedang berlangsung saat ini dan pameran yang akan berlangsung di waktu-waktu mendatang. tanggal pameran dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu (tergantung pihak galeri nasional) :D mano sendiri juga masih pending mau ngadain pameran tunggal disini.. maybe 1-2 years later.. :gitarist: