PDA

View Full Version : [Bacaan]All About Samurai, Ninja, Ronin



etca
15 January 2010, 13:35
Nah kali ini edisi bacaan ;D

Ada rekomen buku, komik, novel juga gpp yang berkisah tentang seputar Samurai, Ronin, n Ninja.
tapi tulung jangan nyang hentai, yaoi dan yuri yak ;D

onegaishimasu :)
お願いします

etca
15 January 2010, 13:36
ini yang gw dah nemu :

47 Ronin

[Only registered and activated users can see links]

SINOPSIS BUKU - Kisah 47 Ronin
Tahun 1701 suatu peristiwa terjadi di Istana Shogun di Edo. Seorang daimyo muda – Lord Asano dari Ako – menyerang pejabat istana yang korup sehingga dia dipaksa melakukan seppuku.

Para pengikut Lord Asano yang dipimpin oleh Oishi merencanakan balas dendam bila petisi mereka ditolak. Namun, waktu berlalu tanpa ada kepastian sehingga terjadi serangkaian peristiwa yang berakhir dengan balas dendam paling berdarah dalam sejarah kekaisaran Jepang.

Peristiwa ini mengejutkan seluruh negeri dan Shogun pun mengalami kebuntuan hukum.

***

“Novel berlatar sejarah yang kuat dan dalam. Serpih-serpih kejayaan para samurai yang terhinakan. Mencekam dan membangkitkan penghormatan atas nilai-nilai harga diri.”
– Koran Tempo

“Buku ini menghidupkan semangat keksatriaan para samurai, moralnya pantas jadi teladan dalam menegakkan keyakinan dan etos pengabdian.”
– Komunitas Pasarbuku

“Buku ini akan memberi pesan moral tentang kesabaran, kesetiaan, dan pengorbanan yang ditegakkan melalui ajaran Bushidoo.”
– Prof. Dr. I Ketut Surajaya (Guru Besar Sejarah Jepang UI)

sumber : BukuKita.com ([Only registered and activated users can see links])
donlot buku ([Only registered and activated users can see links])

etca
15 January 2010, 13:37
Musashi

[Only registered and activated users can see links]

SINOPSIS BUKU - Musashi
Miyamoto Musashi adalah anak desa yang bercita-cita menjadi samurai sejati. Di tahun 1600 yang penuh pergolakan itu, ia menceburkan diri ke dalam Pertempuran Sekigahara, tanpa menyadari betul apa yang diperbuatnya. Setelah pertempuran berakhir, ia mendapati dirinya terbaring kalah dan terluka di tengah ribuan mayat yang bergelimpangan. Dalam perjalanan pulang, ia melakukan tindakan gegabah yang membuatnya menjadi buronan hingga seorang pendeta Zen berhasil menaklukkannya.

Otsu, gadis cantik yang mengaguminya, membebaskan Musashi dari hukumannya, tapi Musashi kembali tertangkap. Selama tiga tahun ia mesti menjalani kehidupan mengasingkan diri, dan masa-masa itu dipergunakannya untuk menyelami karya-karya klasik Jepang dan Cina. Setelah bebas kembali, ia menolak diberi jabatan sebagai samurai. Selama beberapa tahun berikutnya, ia mengejar cita-citanya dengan tekad penuh mengikuti Jalan Pedang, dan menjadi samurai sejati.

Lambat laun ia mengerti bahwa mengikuti Jalan Pedang bukan sekedar mencari sasaran untuk mencoba kekuatannya. Ia terus mengasah kemampuan, belajar dari alam dan mendisiplinkan diri untuk menjadi manusia sejati. Ia menjadi pahlawan yang tidak mau menonjolkan diri bagi orang-orang yang hidupnya telah ia sentuh atau telah menyentuh dirinya.

Ujian puncak baginya adalah ketika ia harus bertarung melawan Sasaki Kojiro, saingan terberatnya yang masih muda dan sangat tangguh. Mereka akan mengadu kemampuan, dan Musashi ingin membuktikan bahwa kekuatan dan keterampilan bukan satu-satunya yang bisa diandalkan untuk menentukan kemenangan.

RESENSI TERKINI - Musashi
Oleh : A_Anggono, 28 Mei 2007-10:34:06
Rating
Pertama kali saya baca buku ini sudah sangat lama (sekitar tahun 1983 atau 1984). Tetapi membaca kembali buku ini saat ini tetap masih sangat menarik.

Cerita dimulai dari keadaan setelah pertempuran Sekigahara. Saat itu dapat dianalogikan sebagai saat Musashi dalam kandungan. "Janin" tersebut masih bernama Takezo. Seorang samurai kalah perang yang harus menjalani hidupnya sebagai ronin. Adalah Takuan yang bertindak sebagai bidan yang membidani kelahiran Musashi. Gemblengan Takuan merupakan proses yang harus dijalani Musashi setelah "kelahirannya". Takuan adalah guru sekaligus orang tua bagi Musashi. Musashi menjalani masa pendidikan dasarnya dibimbing Takuan.

Memasuki jalan pedang merupakan pendidikan lanjutan yang harus dijalani Musashi sebagai konsekuensi yang harus ditanggung atas keputusan yang diambil.

Cerita sedikit diperhalus dengan kehadiran Otsu. Seorang wanita yang sangat mencintai Musashi. Imajinasi Eiji mengenai karakter Otsu sangat detail dan menarik. Kita dapat terhanyut dengan karakter Otsu, seorang wanita yang sangat cantik, sabar, setia danpenuh perhatian. Mungkin dengan karakter Otsu penulis ingin menggambarkan sosok wanita Jepang yang ideal. Pengaruh Otsu pada diri Musashi sangat besar. Gambaran ini seperti ingin mengingatkan kita pada besarnya pengaruh pendamping kita.

Eiji seperti ingin menggambarkan keberpihakannya pada ketekunan dan kesabaran dibandingkan pada kejeniusan dan tinggi hati. Karakter Musashi yang sangat tekun dan sabar dalam melakoni jalan hidupnya sebagai ronin yang menempuh Jalan Pedang digambarkan sangat bertolak belakang dengan karakter Sasaki Kojiro yang Jenius tetapi tinggi hati. Bahkan kita seperti dapat melihat betapa sederhananya Musashi dibandingkan Kojiro yang "high profile" (dan "dandy").

Pertentangan kedua tokoh ini tidaklah sesederhana seperti gambaran pertentangan antara "Si Baik" melawan "Si Jahat". Pertentangan kedua tokoh ini adalah gambaran bahwa ketekunan dapat saja mengalahkan kejeniusan. Jenius merupakan anugerah yang tidak diberikan kepada semua orang. Tetapi ketekunan adalah sesuatu bisa diraih semua orang (tentunya dengan usaha).

Pertentangan kedua karakter ini mencapai titik kulminasi pada pertempuran akhir antara "Si Tekun" (Musashi) melawan "Si Jenius" (Kojiro). Akhir pertempuran sebenarnya sudah terjadi sejak saat pertempuran itu belum dimulai. Akhir pertempuran terjadi sejak saat Kojiro membuang sarung pedangnya. Akhir pertempuran tersebut menggambarkan pendapat yang dianut Eiji. Eiji berpendapat bahwa hasil akhir dari kejeniusan akan dapat dikalahkan oleh ketekunan. Kemenangan "Si Tekun" (Musashi) terjadi saat "Si Jenius" (Kojiro) tidak mampu mengalahkan egonya (saat membuang sarung pedangnya).

Sumber : Bukukita ([Only registered and activated users can see links])
Donlot Buku ([Only registered and activated users can see links])

etca
15 January 2010, 13:44
FLASH OF WIND

[Only registered and activated users can see links]

Category: Books
Genre: Comics & Graphic Novels
Author: Taeko Watanabe
Sebenernya manga ini ditargetkan lebih buat kalangan wanita. Artinya, yang dibahas lebih ke roman dan drama, bukan aksi dan sensasi macem manga-manga "jantan". Namun karena seri ini berkisah mengenai klan samurai "Shinsen Gumi", atau dikenal juga sebagai "The Wolf of Mibu", maka saya tertarik buat tau lebih jauh. After all, Rouroni Kenshin sudah tamat seri manga nya, sementara saya masih nagih kisah-kisah per-samurai-an nya. So, here we go...

Flash of Wind mengisahkan mengenai seorang anak wanita berusia 15 tahun, Sei Tominaga, yang mengubah identitasnya menjadi Seizaburo Kamiya, dan menyamar sebagai laki-laki untuk menemukan pembunuh ayah dan kakaknya. Dengan susah-payah, ia berusaha untuk bergabung dengan klan samurai Serigala Mibu, dan akhirnya diterima dibawah bimbingan Soji Okita, seorang kapten regu yang jenaka, ramah, tapi sangat jago dalam berpedang.

Karena suatu insiden, Okita akhirnya tahu mengenai identitas asli Sei, dan berulang kali berusaha membuat Sei mundur, karena kehidupan samurai bukanlah kehidupan yang cocok bagi seorang wanita. Dalam hal ini, tak jarang terjadi perdebatan antara Sei dan Okita, baik secara ringan, maupun sampai tahap serius. Seiring dengan tugas yang harus dijalankan, diantara mereka berdua lantas terjalin hubungan spesial, Sei jatuh hati pada Okita dan merahasiakan perasaannya, sedangkan Okita yang tidak sadar, tidak pernah memberikan perhatian khusus, kecuali mengenai masalah keselamatan Sei.

Di sisi lain, pada masa tersebut ternyata adalah sah-sah saja kalau pria tertarik dengan sesama pria. Karena figur Sei yang memang cantik, maka ia banyak mendapat perhatian khusus dari rekan-rekan satu tim nya. Hal yang sering menimbulkan praduga berlebihan atas hubungan Sei dan Okita.

Selain dari dua tokoh sentral ini, terdapat juga figur komandan samurai yang bijak dan cerdas, Isami Kondou, wakil komandan yang galak dan keji, Hijikata, serta anggota senior Yamanami, dan Saitou Hajime!

Namun jangan keburu girang, Saitou disini karakternya cukup bertolak belakang dibanding Saitou dalam serial Rouroni Kenshin. Sama-sama sangat jago sih, dengan kepandaian yang berimbang dengan Okita, namun selain itu, Saitou disini juga sangat berhati-hati, low-profile, pendiam, dan dingin.

Kisah serial ini berputar di sekitar Sei dan Okita, serta tokoh-tokoh samurai Mibu, dalam usaha mereka untuk menjadi kelompok samurai yang diakui oleh Kaisar. Cukup banyak muatan sejarahnya, walau sebagian karakter yang diceritakan disini adalah fiktif. Nilai-nilai yang diceritakan juga seringkali dramatis, emosional, namun tetap sarat dengan muatan filosofis dan Bushido.

Selain dari cerita yang kadang berkembang penuh kelucuan, serial ini juga memuat pepatah-pepatah klasik jepang dalam halaman-halamannya, yang semuanya disajikan dalam bentuk ilustrasi yang menarik.

sumber : [Only registered and activated users can see links]


garagara direkomen kawan, langsung d hunting seri 1-26 ;D
dalam sebulan kebeli :kakaka:
ga nyesel buat huntingna baik nyang baru atau seken
nee komik emang top abis, banyak muatan infonya :bravo:

micell
15 January 2010, 15:52
di gramed ada tuh cerita historical jaman sengoku, tp judul nya gw lupa.

cerita berkisar perjuangan rezim Ieyasu Tokugawa merebut kekuasaan Jepang dr tangan Hideyoshi Toyotomi yang sempat menguasai Jepang setelah rezim Oda Nobunaga.
di buku ini juga ada pertempuran bersejarah western vs eastern di sekigahara

Arief_Chen
15 January 2010, 16:06
Gue ada koleksi yang Vagabond, cerita tentang Miyamoto musashi hehehe ....

etca
15 January 2010, 17:15
di gramed ada tuh cerita historical jaman sengoku, tp judul nya gw lupa.

cerita berkisar perjuangan rezim Ieyasu Tokugawa merebut kekuasaan Jepang dr tangan Hideyoshi Toyotomi yang sempat menguasai Jepang setelah rezim Oda Nobunaga.
di buku ini juga ada pertempuran bersejarah western vs eastern di sekigahara
ok dicatet, minggu kalau pas ke toko buku bakalan dilirikin d.

btw, ingatan gw agak payah kalau diminta ngerunut jamanjaman jepun pas jaman baheulak dulu. ;D


Gue ada koleksi yang Vagabond, cerita tentang Miyamoto musashi hehehe ....
Vagabond sempat ngeliatin juga siy isina,
tapi gambarnya kok kasar yo? jadina ga menarik,
itu cerita vagabond, tetep ada unsur historinya atau banyakan yang fiksi seh?

kalau di Flash of Wind emang basicna sebagian besar kisah nyata kan?

da*capo
30 March 2010, 20:39
swordless samurai - lagi baca ini, baru 1 bab.. trus lagi ganti baca yang laen dulu..
memoirs of geisha
the last concubine