PDA

View Full Version : collagen..collagen :D



Mnemosyne
10 February 2010, 00:27
nah siapa sih yang ga pengen kulitnya kenyal kyk bayi? :rolleyes: saya jg mau. .. :kakaka:

nah salah satu faktor yang meningkatkan kekenyalan kulit adalah kolagen..
makanya cewe2 jepang suka banget mengkonsumsi makanan / minuman yang mengandung kolagen :D agar kulitnya tetap bercahaya dan kenyal :bravo:

Beragam produk perawatan itu sangat ditentukan dari kandungan bahan yang ada di dalamnya. Salah satu penentu sehat atau tidaknya kondisi kulit dari luar adalah kandungan kolagen dalam kulit, suatu protein bawah kulit yang akan menentukan kondisi kulit apakah masih kenyal ataukah tidak.

"Makanya banyak praktik suntik kolagen yang katanya bisa mengencangkan kulit. Bisa saja dilakukan tetapi harus benar-benar di bawah pengawasan dokter kulit," ujar Juliana Yu, ahli kesehatan kulit dari klinik House of Skinnovation.

Kulit merupakan bagian yang menutupi permukaan tubuh manusia. Selain membuat penampilan cantik, kulit juga memiliki fungsi mengatur suhu tubuh, melindungi diri dari pengaruh luar, dan indera peraba.

Pada orang dewasa berat kulit mencapai lebih kurang 16% dari total berat badan. Tebal kulit berkisar antara 0,5 milimeter yang ada pada kelopak mata, dan 4 milimeter pada kulit tumit kaki.

Kulit memiliki tiga lapisan, yaitu hypodermis, dermis, dan epidermis. Hypodermis tersusun dari jaringan lemak dan pembuluh darah besar. Fungsi lapisan kulit paling dalam ini adalah sebagai bantalan dari dua lapisan di atasnya.

Lapisan dermis merupakan lapisan kulit kedua yang tersusun oleh kolagen dan elastin, dan lapisan teratas adalah epidermis yang 90% tersusun oleh keratinocytes yang memproduksi protein keratin. Keratin berfungsi melindungi lapisan kulit di bawahnya dari panas, mikroba, dan zat-zat kimia.

Saat usia semakin bertambah, lapisan kulit yang patut mendapat perhatian adalah dermis karena di dalamnya terkandung kolagen dan elastin.

Kolagen dan elastin memberi bentuk dan menentukan elastisitas pada kulit. Pada kulit sehat, kolagen dan elastin selalu di perbarui. Semakin tua usia, semakin banyak kolagen dan elastin yang rusak dan tidak diperbarui.

Di lapisan ini juga terdapat pembuluh darah, folikel rambut, kelenjar keringat dan kelenjar minyak. Semakin tua usia, kelenjar minyak juga makin tidak aktif sehingga membuat kulit kering dan mudah berkerut.

"Akibat kolagen dan elastin yang rusak dan tidak dapat diperbarui akan membuat kulit tampak keriput, ditambah dengan kondisi kulit kering akibat kurangnya kelenjar minyak," ujar Juliana.

[Only registered and activated users can see links]

Mnemosyne
10 February 2010, 00:30
Penuaan dini

Beberapa faktor menjadi penyebab kerusakan kulit sehingga menjadikan seseorang tampak lebih tua dari usia yang sebenarnya. Menurut Juliana, proses penuaan dini bisa disebabkan oleh beberapa faktor internal, misalnya berkurangnya kolagen dan elastin. Bisa juga karena pengaruh kelenjar minyak yang semakin tidak aktif atau regenerasi sel kulit yang melambat.

Faktor eksternal banyak dipengaruhi oleh sinar matahari dan polusi yang merusak epidermis, kolagen, dan elastin yang akan membuat garis-garis pada kulit dan keriput.

Sinar matahari dan polusi juga memengaruhi produksi melanin berlebihan sehingga akan menimbulkan bintik hitam pada kulit. Faktor lain adalah stres, kurang tidur, pengaruh rokok, dan alkohol.

"Semua itu bisa dilihat secara kasat mata dengan mengecek apakah kulit masih elastis ataukah tidak dengan memeriksa kekenyalan kulit," ujar Juliana.

Oleh karena itu, mengonsumsi protein asam amino bisa meningkatkan hidrasi kulit dan elastisitas kulit. Vitamin C adalah vitamin yang baik untuk kulit mengandung asam amino.

Beberapa produk makanan dan minuman yang mengandung vitamin C juga baik dikonsumsi dan menjaga elastisitas kulit. Apalagi kini semakin banyak juga produk makanan dan minuman yang mengandung nutrisi asam amino untuk kulit.

Jika ingin praktis, bisa mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kolagen yang bisa ditemukan dalam beragam makanan. Kolagen adalah semacam protein yang tersusun dari asam amino glycine dan proline. Salah satunya adalah tulang rawan sapi muda yang dibuktikan oleh para ahli mengandung banyak kandungan kolagen.

Nutrisi atau makanan yang mengandung kolagen memberi stimulasi kulit untuk produksi kolagen sehingga akan memperbaiki keriput dan tekstur kulit.

Cara ini memberi keuntungan positif untuk kulit karena tanpa risiko alergi kulit, tanpa risiko reaksi imun ataupun infeksi yang ditimbulkan oleh suntik kolagen. Terakhir, nutrisi yang menstimulasi sintesa kolagen relatif murah dan aman.

[Only registered and activated users can see links]

Th. D. Wulandari
Bisnis Indonesia

Mnemosyne
10 February 2010, 00:32
VIVAnews - Kopi instan yang selama ini Anda sering minum ternyata memiliki khasiat untuk kecantikan. Tetapi tentunya bukan sembarang kopi, melainkan kopi yang mengandung kolagen. Kopi tersebut bisa mencegah dan mengurangi garis-garis keriput pada wajah. Caranya yaitu dengan menambahkan krim pembersih wajah pada kopi. Lalu, gunakan ramuan tersebut untuk melakukan facial.

Keriput pada wajah sebenarnya dapat dicegah dan diatasi dengan pemberian kolagen secara teratur. Kolagen sebenarnya diproduksi secara alami oleh tubuh dan semakin bertambahnya usia membuat produksi kolagen berkurang. Nah, untuk mengatasi kekurangan kolagen banyak orang yang menyiasatinya dengan menggunakan krim kolagen, suntik kolagen atau operasi plastik.

Ada cara lain yang lebih sederhana dibandingkan dengan tiga cara diatas yaitu dengan facial kopi instan. Tetapi, pastikan kopi yang digunakan untuk facial mengandung kolagen tinggi. Makanan dan minuman yang mengandung kolagen memang sangat populer dan berkhasiat untuk mempercantik kulit. Bahkan para wanita Jepang memiliki kebiasaan mengonsumsi minuman suplemen berkolagen untuk awet muda.

Untuk mendapatkan kolagen, sebenarnya tidak hanya melalui produk kecantikan tetapi juga pada makanan dan minuman.

Selain kopi, kolagen tinggi juga terdapat pada buah-buahan
seperti jeruk, tomat, apel, pepaya, anggur, kiwi, wortel dan masih banyak lagi.

Sedangkan pada makanan, kolagen tinggi terdapat pada telur, minyak zaitun, ceker ayam, ikan tuna, dan salmon.

Jadi, jika ingin selalu tampak awet muda Anda bisa facial dengan kopi berkolagen secara teratur dan mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen tinggi.

[Only registered and activated users can see links]

:D

bangbangtang
10 February 2010, 02:00
Letaknya kan di dermis, emg e bs nembus ke lapisan itu facialnya yah?

manohara
10 February 2010, 06:09
kolagen tinggi terdapat pada telur, salmon

mano hampir tiap hari sarapan pake telur, kemarin baru masak dinner : steak ikan salmon, ngga nyangka ternyata banyak collagennya yah :p thx for the info, tante syne :bravo:

pinkblacklovers
18 February 2010, 10:27
contoh makanan yg mengandung kolagen apa yaaa ?:)

Mnemosyne
18 February 2010, 10:39
sudah di jelaskan diatas :D


Sedangkan pada makanan, kolagen tinggi terdapat pada telur, minyak zaitun, ceker ayam, ikan tuna, dan salmon.

pinkblacklovers
18 February 2010, 10:42
ceker ayam mengandung banyak kolagen :roomg:
baru tau saya..

bangbangtang
18 February 2010, 10:59
keknya makanan yg tinggi protein umumnya mengandung kolagen, ceker ayam kan kenyal2 mgk itu kolagennya, wkwkk

kulit msh kenyal, 30 ga tau dah apa itu melorot, kkk

manohara
24 February 2010, 18:17
keknya makanan yg tinggi protein umumnya mengandung kolagen, ceker ayam kan kenyal2 mgk itu kolagennya, wkwkk

kulit msh kenyal, 30 ga tau dah apa itu melorot, kkk

usia 30 tahun kalo rajin jaga makanan buat kulit mah kyknya engga bakalan melorot, bbt.. :kakaka: